Loading...
EKONOMI
Penulis: Prasasta Widiadi 17:14 WIB | Minggu, 14 Desember 2014

25 dan 26 Desember BI Tiadakan Layanan

Gubernur Bank Indonesia, Agus Martowardojo (paling kanan) saat peluncuran buku Kajian SIstem Keuangan Bank Indonesia. (FOto: Prasasta Widiadi).

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Bank Indonesia (BI) tidak mengoperasikan layanan perbankan dan seluruh kegiatan ekonomi makro pada Kamis (25/12) dan Jumat (26/12) mendatang.

Seperti tertuang dalam kalender resmi yang terdapat di situs Bank Indonesia tercantum pada Sabtu (13/12), kegiatan layanan Operasional Bank Indonesia Real Time Gross Settlement (BI-RTGS) dan Bank Indonesia Scripless Securities Settlement System (BI-SSSS) beroperasi pada Senin (29/12) hingga Selasa (30/12).

“Seiring dengan ketetapan Pemerintah Republik Indonesia terkait pelaksanaan Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama 2014 serta memperhatikan tugas Bank Indonesia dalam menjaga kelancaran sistem pembayaran, Bank Indonesia perlu melaksanakan kegiatan operasional secara terbatas pada hari Cuti Bersama yang ditetapkan oleh Pemerintah tersebut,” tulis pengumuman di situs resmi Bank Indonesia.

Pada akhir tahun, Rabu (31/12) BI mengoperasikan beberapa layanan terbatas untuk transaksi operasional kliring sesuai jadwal sebagai berikut kliring Kredit siklus pertama dan siklus kedua diadakan sesuai dengan jadwal yang berlaku, mekanisme Penyediaan Pendanaan Awal (prefund) untuk Kliring Kredit diadakan sesuai dengan jadwal yang berlaku, Kliring Debet ditiadakan, kecuali wilayah Jakarta dan Surabaya beroperasi terbatas pada layanan Kliring Pengembalian. Pada (2/1/2015) sistem BI-RTGS dan BI-SSSS beroperasi secara normal.

Kegiatan yang diliburkan pada 25 dan 26 Desember merupakan bagian dari kepatuhan Bank Indonesia terhadap Surat Keputusan Bersama Menteri Agama, Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, dan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI No. 5 Tahun 2013, No. 335 Tahun 2013 dan No. 05/SKB/MENPAN-RB/08/2013, tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2014. (bi.go.id/menpan.go.id)

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home