Loading...
RELIGI
Penulis: Dewasasri M Wardani 21:54 WIB | Minggu, 05 Oktober 2014

3 Sapi di Jakpus Mengandung Cacing Pita

3 sapi di Jakpus mengandung cacing pita. (Foto: beritajakarta.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Ratusan petugas, dikerahkan untuk memeriksa kesehatan daging hewan kurban di 156 tempat penyembelihan hewan kurban di Jakarta Pusat. Dalam pemeriksaan, petugas menemukan tiga ekor sapi yang hatinya mengandung cacing pita.

Kepala Suku Dinas Peternakan dan Perikanan Jakarta Pusat, Ishom Setiawan, mengatakan, dalam pemeriksaan tersebut, pihaknya mengerahkan sebanyak 115 petugas pemeriksa yang terdiri dari 43 petugas dari sudin, 45 mahasiswa kedokteran Institut Pertanian Bogor, 4 petugas Kementerian Pertanian, 4 dari Persatuan Dokter Hewan, dan 19 petugas dari Dinas Kelautan dan Pertanian Provinsi DKI Jakarta.

"Petugas yang disebar di delapan kecamatan dan masing-masing kecamatan ada 15 petugas yang mengecek langsung," ujar Ishom kepada beritajakarta, Minggu (5/10).

Dikatakan Ishom, setelah disembelih, petugas akan melakukan pengecekan daging kurban seperti hati hewan mengandung cacing pita atau tidak, kemudian paru membengkak atau mengeras.

"Sampai saat ini kami temukan ada tiga sapi yang terkena sakit cacing hati dan parunya keras, dua sapi ditemukan di pemotongan hewan di Perkantoran BNI Petamburan, Slipi dan satu di Kantor BPK di Jalan Gatot Subroto," ujarnya.

Selain itu, tambah Ishom, pihaknya mengimbau tidak membungkus daging hewan kurban menggunakan kantong plastik berwarna hitam.

 

"Kami mengimbau kemasan daging kurban menggunakan plastik bening dan melarang  penggunaan plastik hitam, karena ada indikasi pembuatannya menggunakan bahan daur ulang," tandasnya. (beritajakarta.com)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home