Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 16:22 WIB | Selasa, 07 September 2021

30 Tewas Akibat Serangan Kelompok Teroris di Kongo

Felix Tshisekedi, Presiden Republik Demokratik Kongo, berpidato pada konferensi pers setelah konferensi G20 Compact with Africa di Kanselir di Berlin pada 27 Agustus 2021. (Foto: dok. AFP)

KONGO, SATUHARAPAN.COM-Sedikitnya 30 orang tewas dalam serangan pada akhir pekan di timur laut Republik Demokratik Kongo yang bergolak, kata sumber-sumber lokal dan PBB, hari Senin (6/8).

Para jihadis dari Pasukan Demokrat Sekutu (ADF) diduga telah melakukan serangan di daerah Ituri pada hari Sabtu (4/9), kata mereka.

Dieudonne Malangayi, penjabat ketua kepala suku Walese Vonkutu, awalnya mengatakan 14 orang tewas dalam serangan itu tetapi mengatakan kepada AFP pada hari Senin bahwa lebih banyak mayat telah ditemukan.

"Warga sipil yang pergi mencari jenazah korban menemukan 16 orang lainnya di semak-semak, sehingga membuat 30 warga sipil yang diketahui dibantai," kata Malangayi.

Sebuah sumber PBB mengkonfirmasi bahwa setidaknya 30 orang tewas dalam serangan itu.

Seorang warga sipil yang membantu mencari mayat mengatakan para korban sebagian besar diserang dengan parang atau ditembak.

ADF, yang dianggap Amerika Serikat sebagai kelompok teroris, dianggap paling mematikan dari sejumlah milisi bersenjata yang berkeliaran di Kongo timur yang kaya mineral. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home