Loading...
INDONESIA
Penulis: Ignatius Dwiana 14:01 WIB | Minggu, 08 Desember 2013

5 Desember: Hari Sukarelawan Internasional

Logo sukarelawan PBB. (Logo unv.org)

SATUHARAPAN.COM – Hari Sukarelawan Internasional (International Volunteer Day, IVD) adalah peringatan hari internasional setiap 5 Desember yang ditetapkan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sejak tahun 1985. Hari Sukarelawan International menawarkan kesempatan bagi organisasi relawan dan individu relawan untuk membuat menunjukkan sumbangan mereka, baik di tingkat lokal, nasional, dan internasional.

Hari Sukarelawan Internasional ditandai dengan banyak organisasi non pemerintah, di antaranya Palang Merah, pramuka, dan lain-lain. Hal ini juga ditandai dan didukung sukarelawan PBB (United Nations Volunteers, UNV).

Program sukarelawan PBB memobilisasi ribuan sukarelawan setiap tahun. Selain itu juga  bekerja sama dengan mitra dan pemerintah untuk menetapkan program relawan nasional untuk menciptakan struktur yang mendorong dan mempertahankan relawan lokal di pelbagai negara.

Hari Sukarelawan Internasional menggabungkan dukungan PBB dengan mandat akar rumput. Ini merupakan kesempatan bagi relawan individu, masyarakat dan organisasi untuk menyebarluaskan sumbangan kontribusi mereka terhadap pembangunan di tingkat lokal , nasional dan internasional .

Hari Sukarelawan Internasional adalah kesempatan unik bagi individu dan organisasi relawan terlibat bekerja dengan lembaga pemerintah, lembaga non profit, kelompok masyarakat, akademisi dan sektor swasta. (Wikipedia)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home