Loading...
DUNIA
Penulis: Prasasta 12:09 WIB | Kamis, 18 Juli 2013

67 Menit Untuk Menghormati 67 Tahun Pelayanan Mandela

Nelson Mandela (foto: aljazeera.com)

PRETORIA, SATUHARAPAN.COM – Nelson  Mandela diperkirakan akan menghabiskan hari ulang tahunnya yang ke-95 di sebuah rumah sakit di Pretoria, menurut bbc.co.uk pada Rabu (17/7).

Afrika Selatan menghormati mantan presiden dan pemimpin anti-apartheid yang telah hampir 67 tahun berkecimpung dalam pelayanan publik dengan 67 menit tindakan amal.

Sekarang, Mandela, yang dalam kondisi kritis namun stabil dengan infeksi paru-paru yang berulang. Dia masuk rumah sakit pada tanggal 8 Juni 2013. Putrinya, Zindzi, mengatakan pada Rabu (17/7) bahwa sudah ada kemajuan pada kesehatan Mandela. "Saya harus berpikir dia akan pulang dalam waktu dekat,'' katanya.

Ulang tahun Mandela disebut juga dengan Nelson Mandela Day International, satu hari yang didedikasikan khusus oleh PBB sebagai cara untuk mengenali kontribusi pemenang Hadiah Nobel untuk rekonsiliasi pada 1993 bersama-sama dengan FW De Klerk tersebut.

Mandela juga dihormati di seluruh dunia karena perannya dalam mengakhiri politik pembedaan ras, apartheid di Afrika Selatan. Mandela berinisiatif kemudian menjadi presiden kulit hitam pertama dalam pemilihan semua ras pertama negara itu pada tahun 1994.

Putusan Kongres Nasional Afrika (ANC) mengatakan bahwa pada hari ini merupakan penghormatan kepada Mandela untuk 95 tahun yang didedikasikan untuk pembebasan Afrika Selatan dan orang di seluruh dunia.

Presiden Afrika Selatan mengatakan bahwa Afrika Selatan saat ini jangan melupakan kontribusi Mandela bagi negeri ini. "Mari kita kembali pengobarkan semangat Madiba dan kontribusinya melalui usaha kita sendiri untuk membangun masyarakat yang lebih baik," kata Presiden Afrika Selatan, Jacob Zuma, merujuk pada nama marga Mandela.

Presiden Zuma berencana untuk menandai kesempatan itu dengan mengawasi sumbangan rumah untuk keluarga kulit putih miskin di daerah Pretoria.

Mohammed Jogie penggagas poster ulang tahun Mandela  menawarkan projek poster visi global Mandela, dengan menerima lebih dari 700.000 kartu pos dari seluruh dunia, yang diresmikan pada hari Rabu (17/7) dan dilelang untuk amal. "Dia membawa seluruh konsep kemanusiaan dan tidak mementingkan diri,'' kata Mohammed.

Acara juga akan berlangsung secara internasional, dengan gambar lukisan Mandela besar oleh seniman Afrika Selatan, Paul Blomkamp, yang tampil di Times Square di kota New York.

Pengusaha Inggris Richard Branson telah berjanji untuk memanfaatkan 67 menit pelayanan masyarakat pada hari Kamis (17/7). Branson menyadari bahwa dunia selangkah lebih baik dengan Mandela. "Membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik, satu langkah kecil pada suatu waktu," kata Branson.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home