Loading...
DUNIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 12:18 WIB | Kamis, 29 Mei 2014

Abdel Fattah al-Sisi Sementara Unggul Pemilu Mesir

Mesir Abdel Fattah al-Sisi. (Foto: alarabiya.net)

KAIRO, SATUHARAPAN.COM - Mantan panglima militer Mesir Abdel Fattah al-Sisi pada akhir hari Rabu (28/5) memimpin raihan suara dalam pemilu presiden negara itu dengan memperoleh sekitar 93 persen suara, setelah pemungutan suara diperpanjang ke hari ketiga dalam upaya untuk memambah jumlah pemilih.

Sisi, yang pada Juli lalu menggulingkan presiden Islamis Mohamed Morsi, diperkirakan akan menang mutlak atas pesaingnya Hamdeen Sabbahi dalam pemilu yang berlangsung selama tiga hari tersebut. Pemungutan suara berakhir pada Rabu malam (waktu setempat).

Menurut hasil akhir dari 207 komite pemilihan umum, lebih dari 13.400.000 orang memilih Abdel Fattah al-Sisi dan sekitar 400.000 memilih Raiza Hamdeen Sabah. Total 352 komite pemilihan umum di negeri ini. 

Perkembangan terbaru yang dilaporkan media Mesir Al Ahram menyebutkan El-Sisi mengumpulkan 23,9 juta suara, dan Sabahi hanya memperoleh 756.619 suara. Diperkirakan 25,6 juta warga dari sekitar 54 juta pemilih terdaftar memberikan suara mereka. Hasil resmi diperkirakan akan diumumkan awal pekan depan.

Hari hitung cepat yang dilakukan berbagai lembaga di Mesir menyebutkan El-Sisi memperoleh suara antara 94 persen hingga 98 persen dari suara yang masuk. Sementara saingannya hanya memperoleh antara dua hingga lima persen.

Pendukung Abdel-Fattah al-Sisi dilaporkan menggelar "kemenangan" di berbagai belahan Kairo Rabu malam, termasuk di Lapangan Tahrir di pusat kairo yang terkenal dalam revolusi Mesir. 

 
Media setempat mengatakan beberapa kelompok membentangkan banner dukungan pada Sisi, yang hampir pasti memenangkan pemilu. 
 
Sejumlah selebriti mesir ikut bergabung dan menari sambil menyanyikan lagu nasional Mesir sambil melambaikan bendera negara. 
 
Perayaan juga digelar di Tahrir Square, tempat kelahiran revolusi Mesir. (AFP/alarabiya.net)

BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home