Loading...
INDONESIA
Penulis: Endang Saputra 09:17 WIB | Sabtu, 21 November 2015

Abraham Samad Sampaikan Salam Perpisahan dengan KPK

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) non-aktif Abraham Samad. (Foto: Dok.satuharapan.com/Dedy Istanto)

CIAWI, SATUHARAPAN.COM – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) non-aktif Abraham Samad menyampaikan salam perpisahan dengan para pegawai dan wartawan yang bertugas di lembaga itu di Ciawi, Jawa Barat, Jumat (21/11) malam.

Abraham dilantik sebagai ketua KPK pada 16 Desember 2011 dengan masa jabatan empat tahun hingga 16 Desember 2015.

Namun pada 20 Februari 2015 dia dinonaktifkan berdasarkan Keputusan Presiden karena menjadi tersangka dalam perkara pemalsuan dokumen yang ditangani Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat.

"Untuk mengakhiri masa penugasan di KPK pastinya ada sesuatu yang bagi kami sangat berarti. Tapi lebih dari itu, ekspektasi masyarakat agar pemberantasan korupsi tak mati suri, maka diharapkan pimpinan KPK yang terpilih nanti tetap melanjutkan pemberantasan korupsi tanpa pandang bulu," katanya.

Dalam acara kumpul wartawan yang juga dihadiri Pelaksana Tugas (Plt) Ketua KPK Taufiequrachman Ruki dan Wakil Ketua KPK Zulkarnain itu dia juga berpesan kepada pemimpin KPK selanjutnya.

"Apapun yang terjadi yang menimpa KPK jilid III tidak boleh membuat kita jadi takut atau kendor dalam pemberantasan korupsi. Apa yang terjadi pada kami pimpinan jilid III itu harus jadi motivasi dan kekuatan pimpinan yang baru untuk memberantas korupsi tanpa pandamg bulu," katanya.

"Apa yang selama ini dikerjakan KPK harus dijalankan sebagaimana mestinya, kita tetap berjalan di rel yang sebenarnya. Yang terpenting pemberantasan korupsi tidak boleh kalah, tidak boleh tunduk pada intervensi manapun juga," dia menambahkan.

Abraham pun menyampaikan permintaan maaf atas gonjang-ganjing yang sempat terjadi di KPK.

"Atas nama pimpinan periode tiga yang lalu, saya minta maaf atas kesalahan karena sebagai manusia biasa tidak luput dari kesalahan dan apapun yang terjadi KPK tidak boleh dilumpuhkan dan dilemahkan," katanya.

"Pemberantasan korupsi tidak pernah berhenti karena AS dan BW disingkirkan, karena masih ada yang menggantikan," kata dia mengutip inisial namanya dan nama wakil ketua KPK non-aktif Bambang Widjodjanto.

Ruki pun mengucapkan selamat berpisah kepada Abraham. "Selamat mengakhiri tugas Pak Abraham," kata Ruki.(Ant)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home