Loading...
INDONESIA
Penulis: Kris Hidayat 15:13 WIB | Jumat, 14 Februari 2014

Abu Gunung Kelud Juga di Bandung

Ilustrasi debu yang menimpa tanaman di Kota Bandung. (Foto: Ist)

BANDUNG, SATUHARAPAN.COM - Abu yang dimuncratkan Gunung Kelud yang terletak di Kabupaten Kediri, Jawa Timur, juga "menyirami" wilayah Bandung, Jawa Barat, akibat hembusan angin dari arah timur. 

"Abu turun selepas shalat Jumat, berwarna putih kecil hingga terlihat di dedaunan dan tembok," kata Dwi Setyadi salah seorang Jamaah Masjid Al Hidayah Geologi Bandung.

Abu halus yang "dimuntahkan" Gunung Kelud yang meletus pada Kamis (13/2) malam itu juga terpantau di sejumlah lokasi lainnya di Kota Bandung namun tidak sampai mengganggu aktivitas maupun lalu lintas di jalan raya.

Sejumlah pengendara roda empat merasa heran dengan hujan abu itu yang menempel di kaca depan kendaraan mereka sehingga harus menggunakan kipas kaca depan.

"Saya kaget kok ada bintik abu halus banyak banget di kaca. Saya baru sadar setelah diberitahu kemungkinan abu Gunung Kelud," kata Ilham pengemudi sedan di Gasibu.

Hujan abu Kelud yang sampai ke Kota Bandung dibenarkan oleh staf Crisis Center PVMBG yang menyebutkan hujan abu itu dari letusan Gunung Kelud yang terjadi Kamis malam.

"Ya itu dari Kelud yang dihasilkan letusan semalam. Abu juga turun di sejumlah daerah di Jabar lainnya. Tapi tidak sampai mengganggu aktivitas warga," kata Staf Crisis Center PVMBG Setyanto. (Ant)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home