Loading...
BUDAYA
Penulis: Dewasasri M Wardani 13:23 WIB | Jumat, 20 Juli 2018

Acara Akhir Pekan 21 – 22 Juli 2018

Ilustrasi. Pertunjukan "Menari Bersama Hujan" di panggung terbuka Festival Lima Gunung XVI kawasan lereng Gunung Merbabu, pada Juli 2017. (Foto: Antara/Anis Efizudin)

SATUHARAPAN.COM – Agenda kegiatan di pertengahan bulan Juli ini diramaikan oleh beberapa acara di Ibukota, di antaranya pertunjukan sandiwara, lenong, pertunjukan musik, pameran kerajinan tradisional, bazaar otomotif, dan festival kuliner. Selain itu ada festival budaya daerah yang menarik untuk dikunjungi, yakni Festival Matasora World Music Festival (MWMF) 2018 di Bandung dan Festival Lima Gunung 2018 di Magelang.

Berikut acara pilihan Redaksi satuharapan.com, yang dapat menemani pencinta hiburan melewatkan akhir pekan bersama keluarga tercinta.

Sabtu, 21 Juli

Galeri Indonesia Kaya, pukul 15.00 WIB, Pertunjukan Sandiwara Lutung Kasarung, oleh Kelompok Sandiwara Miss Tjitjih Bersama Citra Kirana

Sandiwara Lutung Kasarung ini dibawakan dengan gaya komedi khas Sunda oleh Kelompok Sandiwara Miss Tjitjih bersama Citra Kirana.

Kelompok Sandiwara Miss Tjitjih adalah sandiwara Sunda dengan nama seorang diva sandiwara Sunda pada tahun 1928 asal Sumedang, yaitu Miss Tjitjih. Pada tahun 1926 seorang gadis cantik bernama Nyi Tjitjih yang biasa bermain sandiwara berbahasa Sunda ditemukan oleh Aboebakar Bafaqih, seorang Arab-Indonesia kelahiran Bangil (Jawa Timur) pemilik Sandiwara Keliling atau Komedie Stamboel 1891-1903) yang sedang mengadakan pertunjukan keliling di Jawa Barat.

Di daerah Sumedang Bafaqih menemukan Nyi Tjitjih (usia 18 tahun pada waktu itu) yang sedang bermain dengan Tonil Sunda. Bafaqih langsung tertarik mengajaknya masuk ke dalam perkumpulan sandiwara bentukannya, Opera Valencia. Ajakan Bafaqih tersebut disambut baik Nyi Tjitjih. Mulai saat itu Nyi Tjitjih menjadi bagian dari Opera Valencia.

Ciputra Artpreneur Jakarta, Pertunjukan Orkestra Bangkit Musik Indonesia

Keindahan musik tradisi bersatu dengan kemegahan musik orkestra, demi semangat bangsa Indonesia.

Bersama Addie MS, Reza Artamevia, dan Bhinneka Orchestra, kami menggelar konser akbar dengan tajuk "Bangkit Musik Indonesia". Di dalam konser ini kami akan memainkan lagu-lagu cover, nasional, dan original dengan tata panggung yang megah.

Penasaran bagaimana jika lagu “We Will Rock You” dimainkan oleh 85 musisi dengan aransemen Gamelan Orchestra? Atau lagu “Tanah Air” yang dimainkan dengan genre big band jazz keroncong gamelan?

Beli tiketnya sebelum kehabisan! Ajak juga teman dan keluarga!

Kunjungi website www.loket.com atau 021 212 82 127, atau dapatkan aplikasi GO-TIX.

All Area Gambir Expo Kemayoran, Jakarta Pusat, Bazaar Otomotif, The 19th International Otobursa TumplekBlek 2018

Acara berlangsung pada Sabtu (21/7) – Minggu (22/7).

Harga tiket masuk: Presale: Rp25.000, Normal Rp30.000.

Kunjungi kemeriahan acara bursa dan lapak outdoor otomotif terbesar se Asia Tenggara The 19th International “Otobursa TumplekBlek 2018” Ajak teman dan keluarga untuk hunting barang-barang otomotif dan seru-seruan bareng.

Daftar Kegiatan Seru: Bursa Lapak Mobil & Motor, Lapak Aksesoris Mobil & Motor, Kampoeng JIP, Gajah Monster Show, Community Meet Up, Parade test drive & Ride, Auto Lady Zone, Pin Up Girl Photo Contest, RC JIP Competition, BBQ Nite Ride Party, Nite Ride Charity, Oto Lelang, Kids & Hobbies Area, Drone Show, Games Challenge, Midnight Sale

Dapatkan harga promo pembelian tiket #tumplekblek sebesar Rp25.000/hari hanya di Indomaret.

Info dan kontak: Facebook: tumplekblek, Instagram: @otomotifweekly, Website: otobursatumplekblek.com

Exhibition Hall A I, Jakarta Convention Center (JCC), Pameran Kerajinan Tradisional, Karya Kreatif Indonesia 2018

Acara berlangsung pada Jumat (20/7) – Minggu (22/7).

Harga tiket masuk: gratis

Bank Indonesia menyelenggarakan pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2018, yang bertemakan “Sinergitas Pengembangan Pasar Kreatif Indonesia Menembus Pasar Global”.

Pameran tersebut menghadirkan koleksi lengkap kain tradisional Indonesia/Nusantara seperti batik, tenun, ulos, dan songket serta kerajinan tradisional dari seluruh pengrajin UMKM binaan Bank Indonesia yang tersebar di seluruh Nusantara.

Selain menyajikan koleksi kain dan kerajinan tradisional Nusantara, melalui pameran ini masyarakat yang hadir dapat menikmati kopi terbaik negeri, kuliner Nusantara serta mengetahui lebih dalam seluk-beluk UMKM serta strategi bagi UMKM dalam menembus pasar global melalui berbagai kegiatan talkshow dan workshop. Tersedia pula pojok UMKM sebagai sarana bagi masyarakat untuk berkonsultasi terkait bisnis UMKM.

Info dan kontak: Facebook: Bank Indonesia, Twitter & Instagram: @bank_indonesia, Website: bi.go.id

Atrium Hall, Gajah Mada Plaza, Jakarta,  Indahnya Budaya Nusantara

Acara berlangsung pada Jumat (13/7) – Jumat (31/8).

Gajah Mada Plaza mengadakan berbagai kegiatan seru yang berlangsung sampai dengan bulan Agustus 2018. 

Berikut rangakaian acaranya: Sehat & Bugar bersama Gold’s Gym Jumat (13/7) & (14/7) pukul 17.00, Lomba Mewarnai Anak Bangsa Sabtu (21/7) pukul 13.00, Simfoni Nusantara  Minggu (22/7) pukul 13.00, Performance Busana Daur Ulang “Merah Putih” ( Sabtu (28/7)  &Minggu (29/7)  Pukul 15.00, Cabaret Perjuangan  Sabtu (4/8) pukul 15.00, Wajah Pesona Indonesia Minggu (5/8) pukul 14.00 , Lomba Busana Merah Putih Sabtu (11/8) pukul 13.00, Suara & Nyanyian Anak Bangsa Minggu (12/8) pukul 11.00. Lomba Busana Daerah Anak Nusantara Jumat (17/8) & Minggu (1/8), pikul 13.00,Parade Tarian Nusantara Sabtu (25/8) & Minggu (26/8) pukul 15.00

Info dan kontak: Facebook: Gajah Mada Plaza, Twitter: @GajahMadaPlaza, Instagram: @gajahmadaplazaid

Kuningan City, Jakarta, Exotic Pets Expo 2018

Acara berlangsung pada Sabtu (21/7) – Minggu (22/7). 

Anda pencinta hewan peliharaan, terutama bagi hewan eksotis? Datanglah ke Kuningan City dan kunjungilah pameran Exotic Pets kami. Akan ada banyak kegiatan keren yang menampilkan ular, iguana, kura-kura, landak, dan banyak lagi.

Anda dapat membawa hewan peliharaan Anda sendiri juga!

Info dan kontak: Facebook: Kuningan City, Instagram: @kuningan_city

KOPIDOME, Jalan Supratmant no 45A, Cihapit, Bandung, pukul 13.00 – 18.00, PlayTime Bandung

Harga tiket masuk: Online Rp30.000 per orang (include free drink), On the Spot Rp50.000 per orang (include free drink).

Halo warga Bandung dan sekitarnya, sudah siap bersenang-senang main board game bareng lagi seperti bulan-bulan sebelumnya? Boardgame.id dan Manikmaya Games, tak bosan-bosan untuk mengundang untuk datang di PlayTime.

Di PlayTime, akan bisa menemukan banyak sekali judul board game seru untuk dimainkan bersama-sama dengan keluarga, teman dekat, atau teman baru yang mungkin bertemu di acara ini. Beberapa permainan yang akan dibawa di antaranya Neptun, di mana kita akan menjadi pedagang dan harus mengarungi laut mengantarkan komoditi. Kita harus memanfaatkan keajaiban dari dewa Neptun agar kapal selamat dan sampai tujuan.

Ada juga board game asli Indonesia seperti, The Festivals yang akan mengajak berkeliling Indonesia dan menyaksikan festival-festival unik, di Indonesia dengan cara yang seru dan menyenangkan.

Tiket bisa dibeli secara online lewat aplikasi Goers.

*Board game disediakan untuk umur minimal 8 tahun ke atas.

Info dan kontak: Info : http://boardgame.id/bersenang-senang-playtime-bandung/ Kontak : isa@boardgame.id / 089-8712-0785 (Isa)

Oval Atrium, Ciputra World Surabaya, Surabaya International Ethnic and Culture Festival 2018

Acara berlangsung pada Selasa (17/7) – Minggu (22/7).

Acara Lintas Budaya Surabaya yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Surabaya dibawa ke Ciputra World Surabaya minggu ini.

Acara bincang-bincang khusus, lokakarya, peragaan busana dan kompetisi juga akan disajikan selama acara. Datang dan jadilah bagian dari kolaborasi budaya tahunan ini!

Info dan kontak: Facebook: Ciputra World Surabaya, Instagram: @ciputraworldsby

Atrium  Lt. LG, ITC, Surabaya, pukul 11.00-20.00 WIB, Food Festival 2018

Acara berlangsung pada Kamis (19/7) – Minggu (22/7).

“Food Festival 2018” di ITC Surabaya digelar untuk foodlovers. Nikmati berbelanja mencicipi bermacam kuliner yang siap menggoyang lidah dengan harga yang ekonomis.  

Food Festival, Colouring Competition, Magician Show, Kids Fashion Competition, Live Music, Lomba Makan “Pedas Gila”

Info dan kontak: Telp: 0812 4972 9701, Instagram: @itcsurabayamegro

Balai Soedajtmoko Solo, pukul 19.30, Pentas Tari Klasik Jawa Megatruh dan Srikandi Bisma Reinterpretasi Daryono Darmorejono

Balai Soedjatmoko membuat program bagi koreografer di bidang tari untuk menampilkan kembali karya karya lama, mendiskusikan secara terbuka pada publik, dan apabila dibutuhkan akan diupayakan adanya resensi karya-karya tersebut. Beksan adalah program untuk koreografer tari yang diselenggarakan di Balai Soedjatmoko, Solo. Tema program ini dipilih sebagai upaya untuk melihat kembali bangunan pengetahuan, sejarah pemikiran dan praktik-praktik penyemaian tradisi tari, tarian dan kepenarian dalam masyarakat kita.       

Penyelenggaraan pertama Program Beksan kali ini akan menampilkan Daryono Darmorejono, salah seorang koreografer dari Solo. Daryono mulai mengenal tari sejak masih kecil. Bapaknya merupakan seorang penari Mangkunegaran. Setelah lulus SMP, Daryono masuk SMKI yang dulunya bernama Konservatori, dan melanjutkan ke ASKI (ISI Surakarta). 

Pada tahun 2000 Daryono melakukan rekontruksi sebuah karya tari berjudul Bedaya Dirada Meta karya RM Said atau Sri Mangkunegara, untuk memperingati 250 tahun Pura Mangkunegaran. Daryono juga menjadi koreografer Mahakarya Borobudur yang melibatkan seratusan penari pada tahun 2015. 

Bedaya Sukapratama juga pernah direkontruksi Daryono. Daryono menjalankan tugas luhurnya dengan merekonstruksi dan menjadi salah satu penari Bedhaya Dirada Meta, ciptaan Senopati R M Said.

Cijaringao Ecoland, Cimenyan Bandung, Festival Matasora World Music Festival (MWMF) 2018 di Bandung

Acara berlangsung pada Sabtu (21/7) – Minggu (22/7).

Matasora World Music Festival (MWMF) 2018 adalah festival yang dirancang untuk mengembangkan keterlibatan multikultural, diskusi wacana pedesaan-perkotaan, pariwisata lokal, gaya hidup eko dan berkelanjutan, dengan sejumlah inisiatif berkelanjutan yang memungkinkan masyarakat untuk terhubung dengan budaya lain. Program dua hari ini diracang untuk menjadi acara budaya utama Indonesia, berkontribusi, dan terlibat dengan lanskap budaya Kawasan ASEAN-Pasifik.

Pengunjung akan diajak untuk memperkaya budaya dunia. Medianya melalui musik, film, pertunjukan seni dan tari. Pelengkapnya sebuah program kuliner yang menarik untuk dieksplorasi.

Perhelatan tahun ini akan menghadirkan 15 grup musik dari seluruh dunia. Antara lain berasal dari Norwegia, Jepang, India, Hawaii, Burkina Faso (Afrika Barat), Malaysia, Argentina, Amerika, Inggris, Italia, Jerman, Yaman, Filipina, Spanyol, serta Indonesia.

Selain itu juga ada program Workshop yang tidak kalah menarik. Akan ada karya seni  dalam bentuk Area Grafiti Monumental disajikan sebagai landmark program 2018. Ada juga program Film Festival. Program ini menyajikan film dokumenter dalam ethnomusikologi and antropologi budaya. Festival akan memutarkan 12 film dokumenter bertema musik dan budaya. Soal kuliner pun tidak luput untuk disuguhkan. Pemandangan dan aroma dari kuliner dari seluruh dunia akan disajikan temui di food bazzar.

Website: matasora.com

Minggu, 22 Juli

Galeri Indonesia Kaya, pukul 15.00 WIB, Pertunjukan Lenong Sementara Tetangga Oleh Teater Pandora

Sementara Tetangga menceritakan masalah yang dialami oleh pasangan muda Ibukota saat memimpikan rumah idaman dengan beban biaya cicilan yang sulit, harus tinggal sementara, berbaur dengan kepadatan Ibukota dan harus bersosialisasi dengan tetangga yang berbeda latar belakang pula.

Kisah ini juga merupakan kritik sosial dari perkembangan zaman dengan kehidupan yang ketergantungan akan teknologi. Lakon ini akan dimainkan dengan gaya komedi yang dekat dengan tradisi Lenong Betawi.

ICE BSD City, Tangerang, Kamis – Jumat, pukul 15.00 -23.00, Sabtu-Minggu, pukul 10.00 - 23.00, Bridestory Market 2018

Acara berlangsung pada Kamis (19/7) – Minggu (22/7).

Bridestory Market, kembali dengan pameran pernikahan yang hidup yang lebih besar dan lebih baik, dengan menampilkan lebih dari 750 vendor pernikahan di 20 kategori. Anda dapat merencanakan, menemukan, dan memesan semua kebutuhan pernikahan Anda di sini. Kami juga bermitra dengan Market & Museum untuk menyajikan makanan & minuman nikmat dari 70+ penyewa F & B sehingga Anda dapat membawa serta keluarga dan teman-teman Anda.

Info dan kontak: Facebook: Bridestory Indonesia, Twitter & Instagram: @thebridestory, Website: market.bridestory.com

Dusun Keron, Desa Krogowanan, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang Jawa Tengah, Festival Lima Gunung 2018

Acara berlangsung pada Jumat (20/7) – Minggu (22/7).

Festival Lima Gunung 2018 akan menampilkan aneka atraksi dan kegiatan menarik, seperti pentas musik, pertunjukan tari tradisional dan kontemporer, kirab budaya, ritual, instalasi seni berbasis alam, pameran seni rupa, pidato kebudayaan, dan masih banyak lagi yang lain. Sebanyak 60 kelompok seniman terlibat dalam festival tahunan ini.

Diselenggarakan sejak 2002 di Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah, nama festival tersebut mengacu pada lima gunung, yakni Merapi, Merbabu, Sumbing, Andong dan Menoreh. Festival digelar secara mandiri oleh para seniman-petani Komunitas Lima Gunung, paguyuban warga beberapa dusun yang terletak di sekitar lima gunung tersebut. Sebagian besar warga yang tergabung dalam komunitas adalah petani yang berkesenian di kelompoknya masing-masing.

Festival tidak hanya melibatkan seniman-seniman setempat, melainkan juga menghadirkan seniman-seniman dari kota-kota lain di luar Kabupaten Magelang. Pada tahun 2017, sejumlah seniman dari Yogyakarta dan Bali juga berpartisipasi dalam festival.

Jika pada tahun lalu, seluruh rangkaian acara berlangsung di Dusun Gejayan, Desa Banyusidi, Kecamatan Pakis, di tahun 2018 akan diselenggarakan di Dusun Keron, Desa Krogowanan, Kecamatan Sawangan, yang terletak di antara gunung Merapi dan Merbabu. Menurut informasi, pelaksanaan yang ke-17 ini bakal diawali dengan acara pembukaan di Candi Gunung Wukir, yang terletak di Dusun Canggal, Desa Kadiluwih, Kecamatan Salam.

Gelaran seni dan budaya, sudah pasti menjadi sajian utama dalam festival. Namun, kondisi geografis setempat yang menyajikan bentang alam indah bisa menjadi suguhan lain yang dapat dinikmati oleh para pengunjung. Lokasi yang sama tentu saja juga menawarkan hawa pegunungan yang sejuk segar.

Komunitas Lima Gunung, sebagai pelaksana festival tentunya terus bertumbuh, dan kian banyak melibatkan warga dari berbagai latar belakang, dari seniman, pendidik hingga tetua setempat. Sejak awal mereka telah menetapkan tujuan utama festival, yakni membawa seni pertunjukan ke masyarakat umum, dan melibatkan warga setempat, dalam persiapan festival dengan asas gotong royong.

Narahubung: Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah, Telepon: +62 24 3546001; +62 24 3557647, Email: budpar@jatengprov.go.id, Situs web: www.central-java-tourism.com; www.visitjawatengah.com.

 

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Back to Home