Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 06:18 WIB | Minggu, 12 Desember 2021

Afsel: Omicron Akibatkan Sakit Ringan, Tapi Menyebar Cepat

Seorang perawat menyiapkan dosis vaksin penyakit akibat virus corona (COVID-19) saat varian baru Omicron menyebar, di Dutywa, di Provinsi Eastern Cape, Afrika Selatan, 29 November 2021. (Foto: dok.Reuters)

PRETORIA, SATUHARAPAN.COM-Saat varian Omicron COVID-19 melanda Afrika Selatan, Dr. Unben Pillay menangani lusinan pasien sakit setiap hari. Namun dia tidak harus mengirim mereka ke rumah sakit.

Itulah salah satu alasan mengapa dia, bersama dengan dokter dan ahli medis lainnya, menduga bahwa versi Omicron benar-benar menyebabkan COVID-19 yang lebih ringan daripada Delta, meskipun tampaknya menyebar lebih cepat.

“Mereka mampu mengatasi penyakit itu di rumah,” kata Pillay tentang pasiennya. “Sebagian besar telah pulih dalam periode isolasi 10 hingga 14 hari.” kata Pillay.

Dan itu termasuk pasien yang lebih tua dan mereka yang memiliki masalah kesehatan yang dapat membuat mereka lebih rentan menjadi sakit parah akibat infeksi virus corona, katanya.

Dalam dua pekan sejak Omicron pertama kali dilaporkan di Afrika Selatan, dokter lain telah berbagi cerita serupa. Semua hati-hati bahwa akan memakan waktu berminggu-minggu lagi untuk mengumpulkan data yang cukup untuk memastikan, pengamatan mereka dan bukti awal.

Menurut Institut Nasional untuk Penyakit Menular Afrika Selatan:

  1. Hanya sekitar 30 persen dari mereka yang dirawat di rumah sakit dengan COVID-19 dalam beberapa pekan terakhir yang sakit parah, kurang dari setengah tingkat seperti selama pekan pertama gelombang pandemi sebelumnya.
  2. Rata-rata masa inap di rumah sakit untuk COVID-19 kali ini lebih pendek, sekitar 2,8 hari dibandingkan dengan delapan hari pada varian lain.
  3. Hanya tiga persen pasien yang dirawat di rumah sakit baru-baru ini dengan COVID-19 telah meninggal, dibandingkan sekitar 20 persen pada wabah sebelumnya di negara itu.

“Saat ini, hampir semuanya menunjukkan bahwa itu adalah penyakit yang lebih ringan,” kata Willem Hanekom, direktur Institut Penelitian Kesehatan Afrika, mengutip angka-angka lembaga nasional dan laporan lainnya. 

“Ini masih awal, dan kami perlu mendapatkan data akhir. Seringkali rawat inap dan kematian terjadi kemudian, dan kita baru dua pekan memasuki gelombang ini.”

Sementara itu, para ilmuwan di seluruh dunia mengamati jumlah kasus dan tingkat rawat inap, sambil menguji untuk melihat seberapa baik vaksin dan perawatan saat ini bertahan. Sementara Delta masih merupakan jenis virus corona yang dominan di seluruh dunia, kasus Omicron bermunculan di lusinan negara, dengan Afrika Selatan sebagai pusatnya.

Pillay melakukan itu di Provinsi Gauteng di negara itu, di mana versi Omicron telah diterapkan. Dengan 16 juta penduduk, Ini adalah provinsi terpadat di Afrika Selatan dan termasuk kota terbesar, Johannesburg, dan ibu kota, Pretoria. 

Gauteng melihat peningkatan 400 persen dalam kasus baru pada pekan pertama Desember, dan pengujian menunjukkan Omicron bertanggung jawab atas lebih dari 90 persen dari mereka, menurut pejabat kesehatan.

Pillay mengatakan pasien COVID-19-nya selama gelombang Delta terakhir “mengalami kesulitan bernapas dan kadar oksigen lebih rendah. Banyak yang membutuhkan rawat inap dalam beberapa hari,” katanya. Pasien yang dirawatnya sekarang memiliki gejala seperti flu yang lebih ringan, seperti nyeri tubuh dan batuk, katanya.

Pillay adalah direktur asosiasi yang mewakili sekitar 5.000 dokter umum di seluruh Afrika Selatan, dan rekan-rekannya telah mendokumentasikan pengamatan serupa tentang Omicron. Netcare, penyedia layanan kesehatan swasta terbesar, juga melaporkan kasus COVID-19 yang tidak terlalu parah.

Namun jumlah kasus terus meningkat. Afrika Selatan mengkonfirmasi 22.400 kasus baru pada hari Kamis dan 19.000 pada hari Jumat, naik dari sekitar 200 per hari beberapa pekan lalu. Lonjakan baru telah menginfeksi 90.000 orang dalam sebulan terakhir, Menteri Kesehatan Joe Phaahla mengatakan pada hari Jumat.

“Omicron telah mendorong kebangkitan,” kata Phaahla, mengutip penelitian yang mengatakan 70 persen kasus baru secara nasional berasal dari Omicron.

Tingkat reproduksi virus corona dalam gelombang saat ini, menunjukkan jumlah orang yang kemungkinan terinfeksi oleh satu orang, adalah 2,5, tertinggi yang tercatat di Afrika Selatan selama pandemi, katanya.

“Karena ini adalah varian yang sangat menular, kami melihat peningkatan yang belum pernah kami lihat sebelumnya,” kata Waasila Jassat, yang melacak data rumah sakit untuk National Institute for Communicable Diseases.

Dari pasien yang dirawat di rumah sakit dalam gelombang saat ini, 86 persen tidak divaksinasi terhadap virus corona, kata Jassat. Pasien COVID di rumah sakit Afrika Selatan sekarang juga lebih muda daripada periode pandemi lainnya: sekitar dua pertiganya berusia di bawah 40 tahun.

Jassat mengatakan bahwa meskipun tanda-tanda awalnya adalah bahwa kasus Omicron tidak terlalu parah, volume kasus baru COVID-19 mungkin masih membanjiri rumah sakit Afrika Selatan dan mengakibatkan jumlah gejala dan kematian yang lebih tinggi.“Itulah bahaya yang selalu menyertai ombak,” katanya. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home