Loading...
BUDAYA
Penulis: Sotyati 16:20 WIB | Jumat, 10 Juni 2016

Agenda Pertunjukan di Akhir Pekan

Ilustrasi: Kemaraian di Jakarta Fair Kemayoran. (Foto: Antara)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Pekan Raya Jakarta, atau lebih dikenal dengan Jakarta Fair Kemayoran, kembali digelar dan dibuka hari ini, Jumat, 10 Juni. Situs resmi Pekan Raya Jakarta menyebutkan grup band D’Masiv dan Zian&The Geboys akan memeriahkan acara pembukaan, disusul pesta kembang api.

Acara yang menghadirkan aneka bazaar produk Nusantara lebih dari 1.300 stand dan diramaikan konser musik nonstop selama acara berlangsung ini, akan dilaksanakan hingga 17 Juli, di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran.

Selain pembukaan Jakarta Fair Kemayoran, pertunjukan seni musik dan aneka pameran dapat menjadi pilihan untuk menyongsong akhir pekan sambil menunggu waktu berbuka puasa di bulan Ramadan ini.

Penyuka seni budaya tradisional masih dapat menikmati pameran wayang koleksi Bentara Budaya. Sekitar 50 wayang dipamerkan di Bentara Budaya Jakarta sejak 14 April lalu, dan pameran masih akan berlangsung hingga 14 Juni.

Program ini merupakan kelanjutan dari program pameran koleksi Bentara Budaya, yang mulai dikoleksi tahun 1960-an oleh PK Ojong dan Jakob Oetama, pendiri Kompas Gramedia.

Pameran lain dapat dinikmati di Erasmus Huis di Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan.  Pameran berjudul “Suara Hati”, yang menggabungkan musik, fotografi, dan tarian tradisional untuk menghentikan kekerasan terhadap kaum perempuan lewat mediasi seni ini, digelar 12 Mei – 31 Juli.

Erasmus Huis menggelar pameran itu bekerja sama dengan Suara Hati. Sejumlah tokoh perempuan Indonesia seperti aktris, pembawa acara, pengusaha, berpose sebagai korban kekerasan rumah tangga. Setiap tahun terhitung sekitar 300.000 kasus kekerasan terhadap kaum perempuan di Indonesia. Kekerasan ini menyebabkan penderitaan baik secara psikologis maupun fisik. Ini merupakan wabah global.

Pameran lain dapat dinikmati di Istituto Italiano di Cultura Jakarta, Jl HOS Cokroaminoto, Menteng,  Jakarta Pusat, yakni pameran karya arsitek Budi Pradono, “Mountain of Hope”, yang tahun ini mendapat undangan menghadiri International Venice Architecture Biennale.

Pameran yang diselenggarakan Kedutaan Besar Italia bekerja sama dengan Pusat Kebudayaan Italia Jakarta itu, terdiri atas pemaparan video dari karya terbaru Budi yang ia hadirkan di International Venice Architecture Biennale, serta karya instalasi yang melibatkan pengunjung. Pameran karya Budi Pradono masih dapat dinikmati hingga 17 Juni.

Pertunjukan Boneka

Selain pameran, seni pertunjukan dapat dinikmati di Galeri Indonesia Kaya di Grand Indonesia Shopping Town. Pada Sabtu, 11 Juni pukul 15.00, digelar pertunjukan yang menampilkan Lantun Orchestra & Hops Puppet.

Menyambut ulang tahun Jakarta dan liburan sekolah, Lantun Orchestra dan tiga sekawan dari Hops Puppet mengajak untuk menjelajahi Jakarta dalam cerita dan musik. Lantun Orchestra akan membawakan lagu-lagu daerah Jakarta dan lagu orisinal yang terinspirasi dari Jakarta, ditemani dengan kisah menarik dari Hops Puppets.

Lantun Orchestra, seperti dikutip dari indonesiakaya.com, merupakan grup musik yang mengeksplorasi musik jazz dengan musik tradisional Indonesia sebagai warisan budaya yang perlu dilestarikan dan juga perlu dikembangkan sesuai zaman. Mereka juga menghadirkan kembali bentuk hiburan rakyat dengan harapan musik yang dibawakan dapat dinikmati semua kalangan.

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home