Loading...
BUDAYA
Penulis: Febriana Dyah Hardiyanti 20:34 WIB | Minggu, 08 Mei 2016

Gong Tiga Ramaikan Panggung Teater Galeri Indonesia Kaya

"Gumam Gugat Gigit" (Foto: indonesiakaya.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Komunitas seni Gong Tiga yang didirikan pada tanggal  22 Agustus 2013 oleh sekelompok anak muda dari berbagai disiplin ilmu dalam seni pertunjukan akan meramaikan panggung teater Galeri Indonesia Kaya Jakarta dengan “Gumam Gugat Gigit” pada tanggal 22 Mei 2016.

Mereka melihat perkembangan teater di era sekarang masih jauh dari konsep industri seni pertunjukan. Meski demikian, mereka tetap bertahan di panggung teater Indonesia karena bersepakat bahwa panggung teater adalah media yang paling ideal untuk mengartikulasikan pesan.

Menurut mereka, melalui penataan panggung yang apik, penonton akan lebih nyaman menonton pertunjukan. Berangkat dari visi tersebut, Gong Tiga mementaskan sejumlah karya yang penggarapannya sedapat mungkin setia pada eksistensi muatan nilai dalam naskah yang terpilih.

“Gumam Gugat Gigit” menceritakan seorang pemuda bernama Rahwana yang mengalami krisis kepercayaan diri. Diawali dengan pertanyaan kepada orang tuanya mengapa ia diberi nama Rahwana yang ternyata kerap kali mendapat ejekan teman-temanya di masa kecil.

Rahwana yang telah beranjak remaja diceritakan mempunyai banyak keinginan, tapi hal itu sirna karena tidak diberikan izin oleh ayahnya. Hal itu terus berulang, sehingga Rahwana mengalami krisis kepercayaan diri.

Setelah tamat sekolah menengah, ayahnya mengirim Rahwana ke Amerika untuk melanjutkan pendidikan. Di Negeri Paman Sam itulah Rahwana menemukan Sinta, pujaan hatinya. Ada secercah harapan ketika ayahnya menyetujui hubungannya dengan Sinta untuk dilanjutkan ke jenjang pernikahan, tetapi ternyata diketahui bahwa Sinta tidak mau menikah dengannya. Hal itu membuat Rahwana semakin kacau, sehingga sering kali dia berbicara dengan bayangan hidupnya dan mempunyai tokoh imajinasi dalam kehidupannya.

“Gumam Gugat Gigit” oleh Gong Tiga dapat disaksikan di Galeri Indonesia Kaya pada tanggal 22 Mei 2016 pukul 15.00 WIB. (indonesiakaya.com)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home