Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Francisca Christy Rosana 14:13 WIB | Selasa, 16 Juni 2015

Ahok Ingin Bangun Jalan Layang Khusus Sepeda

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama beberapa waktu lalu melepas Tim Touring Komite Sepeda Indonesia (KSI) tujuan Jakarta - Bandung. (Foto: Francisca Christy Rosana)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok mewacanakan ingin membangun jalan layang khusus sepeda di DKI Jakarta. Rencananya ini dicetuskan setelah melakukan ziarah makam para pahlawan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Selasa (16/6).

“Mungkin di beberapa bagian kita juga akan bikin jalan layang sepeda,” ujar Ahok saat ditemui di TMP Kalibata seusai menabur bunga bersama jajaran pejabat pemprov DKI.  

Wacananya membangun jalan layang khusus sepeda dicanangkan karena saat ini lahan di jalan raya sudah tak memungkinkan untuk dibuat jalur khusus bagi para pesepada.

“Kita lagi pikirkan  desain untuk jalan layang khusus buat sepeda karena nggak mungkin lagi kita bikin di jalan raya dan tambah jalan untuk sepeda, buat torotoar aja sudah susah,” ungkap mantan Bupati Belitung Timur itu.

Meski diakui cukup sulit, Ahok optimistis Jakarta akan menjadi kota yang tertata rapi jika fasilitas umum  terutama yang berkaitan dengan transportasi mengalami perubahan. Pria kelahiran Manggar, Belitung Timur ini ingin ke depan Jakarta mirip dengan Copenhagen, Denmark yang membudayakan sepeda sebagai moda transportasi berkegiatan sehari-hari.

“Jadi satu-satunya jalan untuk sepeda itu jalan layang, tapi ada beberapa bagiannya seperti di Copenhagen, Denmark,” katanya.

Menurutnya, memperjuangkan hak pengguna sepeda sama dengan memperjuangkan keadilan sosial seperti yang tertuang pada Pancasila. Ia juga berpandangan, memperjuangkan keadilan sosial secara nyata sama dengan harus mengentaskan warga dari persoalan klasik ibu kota seperti kemacetan.

Ahok  bercita-cita masyarakat Jakarta ke depan membudayakan transportasi hemat energi ini. Namun, untuk menyediakan jalur khusus pesepeda, Pempov DKI terlebih dahulu akan mengentaskan masyarakat dari persoalan transportasi massal seperti dengan pembangunan Light Rail Transit (LRT) dan Mass Rapid Transit (MRT).

“Kalau orang Jakarta pakai sepeda, bagus. Tapi ini kita kerjakan habis MRT selesai,” kata Ahok beberapa waktu lalu. 

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home