Loading...
INDONESIA
Penulis: Bayu Probo 12:34 WIB | Senin, 29 Desember 2014

AirAsia QZ8501 Hilang, Wapres Batal Liburan Akhir Tahun

Wapres Jusuf Kalla menabur bunga di tempat pemakaman massal korban tsunami di Siron, Aceh Besar, Aceh, Jumat (26/12). Kegiatan dalam rangka peringatan sepuluh tahun tsunami Aceh itu bertema besar "Refleksi, Apresiasi, Bangkit" yang diisi dengan berbagai acara. (Foto: Antara/Fanny Octavianus)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Wakil Presiden Jusuf Kalla meniadakan liburan akhir tahun ke Bali menyusul musibah yang menimpa pesawat AirAsia QZ8501 yang hingga kini masih dalam upaya pencarian.

“Wapres sangat berempati kepada seluruh pihak yang tertimpa musibah pesawat AirAsia QZ8501. Karena itu, acara tutup tahun yang sedianya dijadwalkan ke Bali, 30 Desember 2014, ditiadakan sebagai penghormatan kepada seluruh penumpang dan keluarganya serta awak pesawat yang masih dalam pencarian,” kata Juru Bicara Wapres Husain Abdullah dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin (29/12).

Selain acara tutup tahun di Bali, kunjungan tersebut semula akan dirangkaikan pertemuan dengan beberapa menteri serta deputi dari Kantor Wapres. Namun, rapat tersebut juga akhirnya dijadwalkan ulang.

Dikatakan, Wapres berharap para penumpang dapat segera ditemukan dalam keadaan selamat dan kepada seluruh pihak yang membantu pencarian menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi.

Kepada tim pencari, Jusuf Kalla berharap dapat bekerja lebih cermat dan teliti dan secara khusus kepada seluruh keluarga penumpang dan awak pesawat, pemerintah akan mengerahkan segenap kemampuan untuk melakukan pencarian.

Ketua MPR Turut Prihatin Hilangnya Pesawat AirAsia

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan menyatakan rasa simpatinya dan turut prihatin atas hilangnya pesawat AirAsia bernomor QZ8501 rute Surabaya-Singapura yang dilaporkan hilang kontak sejak Minggu (28/12).

“Turut prihatin atas hilangnya pesawat AirAsia QZ8501,” kata Zulkifli Hasan dalam siaran pers Setjen MPR RI yang diterima di Jakarta, Senin.

Menurut rilis tersebut, Ketua MPR mendoakan semoga pesawat tersebut dapat segera ditemukan dan seluruh penumpang dalam kondisi selamat, seraya menambahkan agar pihak-pihak terkait melakukan upaya terbaik untuk menemukan pesawat AirAsia tersebut.

Kepada pihak keluarga, dia berharap agar mereka tetap tabah dan bersabar menghadapi cobaan ini. Kepada seluruh komponen bangsa, Ketua MPR mengajak untuk bersama-sama mendoakan yang terbaik.

Sementara itu, Plt Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Djoko Murjatmodjo mengatakan, berbagai pihak terkait terus memaksimalkan pencarian pesawat AirAsia QZ8501 yang hilang kontak tersebut.

“Hari ini kita terus memaksimalkan yang ada untuk pencarian,” kata Djoko Murjatmodjo.

Ia mengungkapkan, di lautan yang diperkirakan menjadi lokasi terakhir pesawat terdapat traffic yang cukup padat tetapi diharapkan arus pelayaran yang ada tidak menghambat proses pencarian.

Selain itu, ujar dia, kapal-kapal yang ada di sekitar lokasi seperti kapal nelayan juga diharapkan bisa memberikan informasi sehingga bisa diperoleh titik cerah dalam pencarian. “Kami juga harapkan mendapat informasi dari masyarakat,” katanya.

Sedangkan Badan Search and Rescue Nasional (Basarnas) menekankan pihaknya menerima informasi yang masuk terkait pesawat AirAsia QZ8501, tapi setiap informasi yang masuk itu juga mesti dikonfirmasi kebenarannya terlebih dahulu.

“Biasanya bila ada kejadian seperti ini, informasi menjadi simpang siur,” kata Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI FH Bambang Soelistyo.

Marsdya Bambang Soelistyo mengemukakan, jajaran Basarnas tetap menerima informasi tetapi tidak serta merta langsung menetapkan informasi yang masuk adalah betul.

Dengan demikian, ujar dia, Basarnas tidak menolak informasi yang masuk tetapi ditekankan bahwa akurasi dalam informasi adalah hal yang sangat penting.

Hal tersebut dinilai penting agar dapat dianalisis dan supaya setiap informasi yang masuk juga dapat dipertanggungjawabkan ke depannya.

Kepala Basarnas juga mengemukakan, pihaknya bakal berusaha sekeras mungkin dalam melakukan pencarian pesawat AirAsia QZ8501. (Ant)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home