Loading...
DUNIA
Penulis: Eben Ezer Siadari 21:49 WIB | Sabtu, 13 Juni 2015

Akhirnya 4 Orang Kristen Berhasil Duduk di Parlemen Turki

Selina Dogan Ozuzun (kanan), seorang calon anggota DPR berlatar belakang etnik Armenia, berbicara dengan para pendukungnya pada kampanye pemilu 2 Juni lalu. (Foto: Reuters)

ANKARA, SATUHARAPAN.COM - Kaum minoritas Kristen Turki akhirnya berhasil mengirimkan wakilnya ke parlemen berdasarkan hasil perhitungan suara pemilu 7 Juni lalu. Lolosnya warga Kristen itu merupakan penantian panjang setelah selama 13 tahun parlemen negara itu hanya diisi oleh wakil dari satu partai, yaitu Partai Keadilan dan Pembangunan (AKP).

Menurut hurriyetdailynews.com, keempat orang Kristen yang lolos masuk ke parlemen itu diantaranya adalah Markar Esayan, seorang wartawan berlatar belakang etnik Armenia-Turki yang bekerja pada harian Yeni Safak yang pro AKP. Ia lolos sebagai calon nomor urut 12 dari daerah pemilihan Istanbul 2.

Yang kedua adalah Selina Dogan, dari Partai Rakyat Republik (CHP), terpilih sebagai anggota DPR Turki setelah memenangi pemilu sebagai kandidat nomor urut pertama CJP dari wilayah pemilihan dua Istanbul. Dogan yang berdarah Armenia, sehari-hari adalah pengacara.

Ketua CHP Kemal Kilicdaroglu mengatakan lolosnya Dogan ke parlemen membawa pesan penting bagi dunia.

"Kami tidak ingin perpecahan dalam masyarakat ini. Kami ingin tumbuh dan berkembang bersama-sama," kata Kilicdaroglu pada awal April.

Dua orang Kristen juga akan masuk parlemen dari Partai Demokrat (HDP). Satu dari Istanbul dan yang lainnya dari provinsi tenggara Mardin.

Garo Paylan, yang maju  untuk parlemen sebagai calon kedua dari daerah pemilihan ketiga HDP di Istanbul, merupakan politisi berlatar belakang Armenia terdaftar sebagai widyaswara di Mahkamah Agung (YSK).

Sementarfa itu yang terakhir adalah Erol Dora, yang merupakan anggota masyarakat Suriah Turki dan seorang pengacara. Ia maju mewakili daerah Mardin dan menjadi calon nomor urut tiga di HDP.

Selain empat orang Kristen, dua anggota masyarakat Yazidi Turki juga terpilih untuk HDP .

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home