Loading...
EKONOMI
Penulis: Bayu Probo 10:15 WIB | Jumat, 04 Oktober 2013

Akibat Shutdown, Obama Batal Hadiri KTT APEC

Obama batal hadiri KTT APEC. (Foto: nyt.com)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM – Gedung Putih mengumumkan Kamis malam (03/10 atau Jumat WIB) bahwa perjalanan mendatang Presiden Obama ke Asia telah dibatalkan. Ini berarti, Presiden Amerika Serikat pertama yang berkulit hitam ini tidak akan menghadiri KTT APEC di Nusa Dua Bali, Senin (7/10).

“Karena shutdown pemerintah, perjalanan Presiden Obama ke Indonesia dan Brunei telah dibatalkan,” kata Sekretaris Pers Gedung Putih, Jay Carney dalam sebuah pernyataan. “Presiden membuat keputusan ini didasarkan karena kesulitan bepergian ke luar negeri akibat shutdown. Ia bertekad untuk terus menekan kasusnya bahwa Partai Republik harus segera memberi suara untuk membuka kembali pemerintah. Menteri Luar Negeri, John Kerry, akan memimpin delegasi ke kedua negara atas nama Presiden.”

Awal pekan ini, Gedung Putih mengumumkan kunjungan Obama ke Malaysia dan Filipina dibatalkan.

Carney menambahkan bahwa: “Pembatalan perjalanan ini merupakan konsekuensi lain dari Partai Republik Gedung yang memaksa pemerintah shutdown.” Perjalanan ke Indonesia dijadwalkan Sabtu (5/10).

Gedung Putih mengatakan Obama akan menjadwalkan perjalanan untuk waktu lain.

"Presiden berharap untuk melanjutkan karyanya dengan sekutu dan mitra kami di Asia-Pasifik dan untuk kembali ke wilayah tersebut di kemudian hari,” kata Carney.

Gedung Putih mengatakan Sultan Brunei dan Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono pada Kamis malam sudah menerima telepon penyelesalan presiden. (washingtonpost.com/abcnews.com)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home