Loading...
SAINS
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 23:54 WIB | Selasa, 12 November 2013

Aktivis Greenpeace yang Ditahan Rusia Tiba di Saint Petersburg

Gerbong yang dicurigai mengangkut 30 aktivis Greenpeace yang aksi protes di Prirazlomnaya oil rig, Murmansk, Senin (11/11). (Foto: dari reuters.com)

SAINT PETERSBURG - Sebuah kereta yang membawa 30 awak yang ditahan dari kapal Greenpeace, pada Selasa (12/11) tiba di Saint Petersburg dari kota Murmansk, Arctic Circle, Rusia, tempat banyak aktivis ditahan sejak September lalu.

Kereta penumpang tujuan Murmansk-Saint Petersburg itu tengah menuju ke stasiun kereta Ladozhsku di Saint Petersburg, tempat salah satu gerbongnya dipisahkan dan dibawa ke lokasi berbeda, kata seorang fotografer AFP.

Komite Investigasi Rusia pada Senin mengatakan bahwa pihaknya mengirim “Arctic 30” ke kota bagian barat, tempat musim dingin biasanya tidak separah di Murmansk, Far North Rusia.

Badan penjara Rusia mengonfirmasi transfer tersebut, tanpa memberikan informasi lebih detail mengenai jadwal mereka atau pusat penahanannya, tempat para aktivis dari 19 negara yang berbeda akan ditempatkan.

Kantor Greenpeace Rusia menulis dalam akun Twitter bahwa gerbong kereta dengan jendela tertutup tersebut dilepas dan dibawa menuju ke arah yang berbeda.

“Belum jelas ke mana mereka di bawa,” ujar kelompok tersebut.

Fotografer AFP melihat gerbong tersebut dibawa ke bagian yang jauh dari stasiun, dari tempat para tahanan tersebut diperkirakan akan turun dan diangkut oleh truk tahanan.

Anggota kru dari kapal Arctic Sunrise Greenpeace ditahan dalam penahanan prasidang setelah beberapa dari mereka menggelar aksi protes terhadap kemungkinan eksplorasi energi di Arktik oleh perusahaan minyak milik negara. (AFP/Ant)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home