Loading...
EKONOMI
Penulis: Reporter Satuharapan 15:07 WIB | Senin, 10 Oktober 2016

Alibaba Kolaborasi dengan Perusahaan Film Steven Spielberg

Steven Spielberg (kiri) dan Jack Ma, hari Minggu (9/10) di Beijing. (Foto: variety.com)

BEIJING, SATUHARAPAN.COM - Miliarder Internet Tiongkok Jack Ma berkolaborasi dengan legenda dunia perfilman Steven Spielberg untuk memproduksi dan mendistribusikan film, kata mereka, dalam kerja sama besar terbaru antara Tiongkok dan Hollywood.

Alibaba Pictures, unit dari konglomerat e-commerce Ma, mengatakan pihaknya membeli saham mayoritas di Amblin Partners Spielberg, sebuah perusahaan produksi film yang meliputi DreamWorks studios.

Dalam kerja sama tersebut, kedua perusahaan akan mendanai dan memproduksi berbagai film untuk penonton Tiongkok dan internasional, kata Alibaba di situs perusahaannya.

Alibaba Pictures juga akan mengamankan satu kursi di dewan direksi Amblin. Rincian keuangan untuk kesepakatan itu tidak diungkap.

Saat jumpa pers di Beijing pada hari Minggu, Spielberg -- yang menggarap filmnya pada 1987 ‘Empire of the Sun’ di Shanghai -- mengatakan kemitraan tersebut memungkinkan dia “untuk menghadirkan lebih banyak Tiongkok ke Amerika dan membawa Amerika ke Tiongkok,” menurut pernyataan Alibaba.

CEO Alibaba Jack Ma mengatakan meskipun Amerika Serikat dan Tiongkok “mungkin memiliki perbedaan budaya,” perusahaan itu akan berfokus pada kisah manusia dan menjadi jembatan antara kedua negara.

Kemitraan tersebut akan memberikan perusahaan Spielberg akses ke ekosistem online Alibaba dan film akan didistribusikan melalui platform streaming seperti Youku Toudu, layanan mirip YouTube milik perusahaan itu. (AFP)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home