Loading...
INDONESIA
Penulis: Tunggul Tauladan 21:10 WIB | Sabtu, 21 Februari 2015

Alutsista TNI Masuk Mal

Pameran Alutsista TNI di Jogja City Mall (JCM) pada Sabtu-Minggu (21-22/2). (Foto: Tunggul Tauladan)

YOGYAKARTA, SATUHARAPAN.COM -- Tentara Nasional Indonesia (TNI) melalui Komando Resort Militer 072/ Pamungkas (Korem 072/ Pmk) kembali menggelar pameran Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista) pada Sabtu-Minggu (21-22/2). Agak berbeda dengan pameran-pameran sebelumnya yang lazim dihelat di alun-alun atau museum, pameran Alusista TNI kali ini digelar di sebuah mal, yakni Jogja City Mall (JCM).

Menurut Komandan Korem 072/ Pmk, Brigjen TNI Sabrar Fadhilah, pameran Alutsista ini bertujuan untuk menjalin hubungan yang lebih erat dengan masyarakat. Selain itu, tujuan lain dari pameran ini adalah sebagai wujud pertanggungjawaban dari TNI sekaligus menjawab kepercayaan dari masyarakat yang telah mempercayakan keamanan dan keutuhan NKRI kepada TNI.

“Pameran ini bertujuan agar TNI lebih dekat dengan masyarakat, seperti halnya pepatah, ‘tak kenal maka tak sayang’. Selain itu, peralatan yang dipamerkan ini juga ada berkat masyarakat. Oleh karena itu, inilah wujud pertanggungjawaban kami kepada masyarakat yang telah mempercayakan keutuhan dan keamanan NKRI kepada TNI,” jelas Brigjen TNI Sabrar Fadhilah.

Brigjen TNI Sabrar Fadhilah juga memaparkan bahwa faktor kedekatan tersebut diharapkan dapat menimbulkan rasa bangga dari masyarakat karena telah memiliki TNI. Harapannya, dengan timbulnya rasa bangga tersebut, maka dapat menarik minat dari generasi muda agar tertarik menjadi prajurut TNI. Oleh karena itu, sebuah stand pendaftaran bagi masyarakat yang berminat menjadi parajurit TNI juga telah berdiri dalam pameran ini.

“Semakin dekat kami dengan masyarakat, maka diharapkan akan semakin banyak yang tertarik untuk bergabung bersama TNI,” papar Brigjen TNI Sabrar Fadhilah.

Pameran Alutsista TNI ini menampilkan berbagai persenjataan maupun perlengkapan militer dari berbagai kesatuan militer. Beberapa Alutsista yang dipamerkan, antara lain: Senapan SS-1 V1, Pistol P2, dan SO Minimi (Yonif 403/ WP); kendaraan Bush Master, kendaraan Defender MRCV, dan beberapa persenjataan, seperti SIG SUER P 226 R, SS-2 V1, dan GPMG MAG 58 (Kopassus); Ranpur Panhard, Ranpur Anoa, Senjata AGL, dan Senjata Titik 30 (Kikavser 2/ Dam IV/ Dip); Meriam 105 Trk (Yon Armed 3 105/ Trk); Perahu karet, peralatan selam, dan torpedo laut (TNI AL); replika pesawat (TNI AU); serta Rantis Barakuda (POLRI).

Pameran Alusista yang digelar selama 2 hari ini juga akan menampilkan kirab Drumband Akmil pada Minggu (22/2) sore. Selain itu, pengunjung juga akan dihibur dengan penampilan dari Band 403/ WP, Persit, Band Polda DIY, Band Akmil, dan Rampak Kendang dari TNI AL. 

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home