Loading...
EKONOMI
Penulis: Melki Pangaribuan 17:35 WIB | Selasa, 03 Januari 2017

Amran Sambangi Presiden Jokowi Bicarakan Kinerja Kementan

Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita bersama Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman (melambaikan tangan) menemui aksi unjuk rasa para petani kentang dan hortikultura dari kawasan Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah, di depan Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta Pusat, hari Kamis (8/12). (Foto: kemendag.go.id)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Menteri Pertanian, Amran Sulaiman, menyambangi Istana Kepresidenan di Jakarta untuk mengundang Presiden Joko Widodo menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Pertanian pada hari Kamis (5/1).

"Saya membahas persiapan Rakernas Pertanian di Bidakara, hari Kamis," kata Amran ditemui di halaman Istana Kepresidenan, hari Selasa (3/1) siang.

Menurut Amran, dia dan Jokowi juga melakukan evaluasi capaian-capaian dua tahun yang telah dilakukan kementeriannya.

Amran menjelaskan, kendati terdapat peningkatan kinerja bidang pertanian, utamanya dalam menurunkan tingkat impor bahan pangan, pemerintah tidak boleh puas.

"Kita pada tahun 2017, 2018, 2019 penegasan lagi. Karena kita sudah buat road map sampai 2045, kami sudah serahkan ke Pak Presiden," tegas Amran.

Amran menjelaskan, Presiden berencana datang ke Rakernas Pertanian jika tidak berhalangan.

Selain itu, Amran juga membahas kondisi sejumlah komoditas, seperti beras yang harganya stabil.

"Kan beras yang menjadi komoditas paling strategis. Itu yang dijaga dan itu yang kecenderungan turun, stabil dan bahkan turun," ujar Amran.

Dia juga membahas persiapan komoditas jagung yang jumlah impornya turun pada 2016 menjadi 66 persen.

Sebelumnya pada Desember 2016, Amran mengatakan pasokan pangan cukup stabil dengan produksi pangan utama beras pada 2015 naik 6,64 persen dan pada tahun 2016 naik 4,97 persen meskipun dalam kondisi iklim ekstrim El-Nino dan La-Nina.

Selama dua tahun tersebut produksi beras naik 8,3 juta ton atau setara Rp 38,5 triliun.(Ant)

Editor : Eben E. Siadari


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home