Loading...
DUNIA
Penulis: Eben Ezer Siadari 18:42 WIB | Sabtu, 27 Juni 2015

Angela Merkel Bujuk PM Yunani untuk Terima Tawaran UE-IMF

Angela Merkel (Foto: AFP)

BRUSSEL, SATUHARAPAN.COM – Kanselir Jerman Angela Merkel pada Jumat (26/06) mendesak Yunani untuk menerima tawaran yang “sangat murah hati” dari kreditur Uni Eropa-IMF, mencakup sedikitnya 12 miliar euro (sekitar Rp178,7 triliun) dalam dana talangan lebih lanjut selama lima bulan mendatang.

Merkel dan Presiden Prancis Francois Hollande meminta Perdana Menteri Yunani Alexis Tsipras untuk “menerima tawaran yang sangat murah hati dari kedua lembaga tersebut,” kata kanselir itu dalam konferensi pers setelah ketiga pemimpin melakukan pertemuan singkat di sela-sela konferensi tingkat tinggi Uni Eropa (UE).

Sejumlah kreditur Yunani mengusulkan perpanjangan dana talangan sebesar 12 miliar euro (sekitar Rp178,7 triliun) selama lima bulan jika Athena menyetujui reformasi terkait kesepakatan utang penting, menurut dokumen perundingan yang didapat AFP pada Jumat.

Tawaran itu “melampaui ketentuan dari program bantuan kedua,” ujar kanselir Jerman, yang pandangannya dianggap penting dalam negosiasi dengan Yunani terkait dana talangan tersebut, kedua sejak 2010.

Usulan itu “selalu didasarkan pada prinsip yang sama yakni solidaritas di satu sisi, upaya dari pihak terkait di sisi lainnya,” katanya.

“Sekarang kami hanya bisa berharap bahwa kesepakatan internal di pihak Yunani dilakukan... dengan semua pihak terkait dalam diskusi ini memiliki solusi semacam itu pada intinya,” ujarnya.(AFP/Ant)

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home