Loading...
INDONESIA
Penulis: Endang Saputra 18:45 WIB | Senin, 14 Maret 2016

Anggota DPD RI Sulistyo Meninggal Dunia Korban Insiden di RS AL Mintoharjo

Senator asal Jawa Tengah, Dr. H. Sulistiyo, MPd. (Foto:dpd.go.id)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Kepala Bidang Pemberitann dan Media Visual Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD-RI) mengatakan, Mahyu Darma bahwa Senator asal Jawa Tengah, Dr. H. Sulistiyo, MPd,  meninggal dunia dalam sebuah insiden di Rumah Sakit Mintoharjo,Jalan Bendungan Hilir, Jakarta Pusat. hari Senin (14/3).

“Alm. Sulistyo yang kala itu mengeluh kurang fit saat menjalani rapat, akhirnya memutuskan untuk melakukan terapi hiperbarik, terapi oksigen bertekanan tinggi di Rumah Sakit Angkatan Laut (AL) Mintoharjo- bendungan hilir, Jakarta,” kata Mahyu Darma dalam siaran pers yang diterima satuharapan.com, di Jakarta, hari Senin (14/3).

Menurut Mahyu Darma dalam proses tersebut dilakukan di dalam ruangan khusus yang tertutup, namun terjadi percikan api yang menyebabkan tabung oksigen meledak hari Senin siang sekitar pukul 14.00 wib.

“Saat ini Pihak Kepolisian dan pihak Rumah Sakit Mintoharjo masih melakukan investagasi lebih lanjut,” kata dia.

Menurut Mahyu Darma sampai berita ini turun belum ada keterangan resmi dari pihak Rumah Sakit bagaimana insiden tersebut dapat terjadi.

"Kami keluarga besar DPD RI turut berbelasungkawa yang sedalam-dalamnya atas meninggalnya senator sekaligus Ketua PGRI, Sulistiyo," kata dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut (Kadispenal) Laksamana Pertama TNI M. Zainudin, SH mengatakan bahwa di dalam Ruang Udara Bertekanan Tinggi (RUBT) tengah dilakukan terapi yang dimulai pada pukul 11.30 dengan tekanan 2,4 atmosfir. Lalu sekitar pukul 13.00 WIB  ketika tekanan baru mulai dikurangi menuju 1 atmosfir, pada pukul 13.10 WIB terlihat percikan api di dalam chamber.

Kronologi

Pada hari Senin 14 Maret 2016 pukul 13.00 wib telah terjadi kebakaran ruang tabung  chamber  Pulau Miangas Gedung Ruang Udara Bertekanan Tinggi (RUBT)  lama RSAL Mintohardjo yg diakibatkan konseleting listrik sehingga menimbulkan asap putih lebat dan pasien yg ada di dalam tabung terbakar dan tidak dapat diselamatkan.

Kronologi kejadian terapi dimulai pada pukul 11.30 dengan tekanan 2,4 atmosfir. Kemudian sekitar pukul 13.00, ketika tekanan baru mulai dikurangi menuju 1 atamosfir, pada pukul 13.10 terlihat percikan api didalam chamber. Operator dengan cepat membuka system fire tapi api dalam chamber secara cepat langsung membesar dan tekanan dalam chamber naik dengan cepat sehingga safety valve terbuka dan menimbulkan ledakan. Beberapa saat kemudian api mulai padam namun korban tidak dapat diselamatkan.

Pada pukul 14.00 wib, korban dapat di evakuasi dan segera di bawa ke kamar jenazah RSAL Mintohardjo.  Untuk petugas dan penunggu yg ada di Kamar Udara Bertekanan Tinggi (KUBT) langsung di evakuasi ke UGD RSAL Mintohardjo guna mendapat perawatan intensif akibat asap. Dari pihak Puslabfor polri besama pomal untuk olah TKP, saat ini belum bisa diambil kesimpulan penyebab terjadinya kebakaran.

Saat ini jenazah korban  meninggal berjumlah 4 orang, diantaranya:

1. Irjen Pol (Purn) Abubakar Nataprawira (65 th), alamat: vila permata gading Jakarta Utara

2..Edi Suwandi (67 th), alamat Pondok Jingga,  Bekasi

3. dr.Dimas (28 th), alamat: Pondok Jingga, Bekasi

4. Sulistyo (54 th), alamat: Semarang.                                             

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home