Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 21:30 WIB | Jumat, 05 Agustus 2016

AP-II Sediakan Bus Terminal-3 Antisipasi Penumpang Tersasar

Suasana loket 'check-in' di Terminal 3, Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Senin (6/6). (Foto: Dok. satuharapan.com/Antara)

BANDUNG, SATUHARAPAN.COM – PT Angkasa Pura II akan menyediakan bus gratis dari Terminal 2 ke Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta untuk mengantisipasi penumpang tersasar atau belum mengetahui pengoperasian terminal baru tersebut.

Head of Corporate Secretary and Legal AP II Agus Haryadi kepada Antara di Bandung, hari Jumat (5/8), mengatakan pengoperasian bus tersebut akan dimulai pada 9 Agustus 2016 saat Terminal 3 diresmikan dan beroperasi.

"Hal-hal yang sifatnya kontigensi, seperti penumpang Garuda yang nyasar atau tidak tahu, kita siapkan bus dari Terminal 2 ke Terminal 3, untuk mengantisipasi kejadian seperti itu," katanya.

Agus menambahkan penyediaan bus tersebut direncanakan akan berlangsung selama satu minggu setelah 9 Agustus, tetapi disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan.

"Kalau misalnya penumpang sudah pada tahu dan paham, sehingga bus-bus itu tidak diperlukan lagi, maka akan kita hentikan," katanya.

Menurut dia, antisipasi tersebut perlu dilakukan, meskipun rata-rata penumpang maskapai Garuda Indonesia kelas menengah ke atas dan lebih banyak menggunakan kendaraan pribadi.

Selain itu, Agus menambahkan bus tersebut sifatnya langsung berangkat begitu ada penumpang yang tersasar.

"Kita belum tentukan jumlahnya, tetapi sifatnya itu tidak menunggu sampai penuh, begitu ada penumpang, langsung berangkat dan ukuran busnya tidak besar," katanya.

Dia menuturkan pihaknya juga telah melakukan koordinasi dengan pihak penyedia jasa angkutan darat ke bandara, seperti perusahaan taksi dan Perum Damri.

"Kami juga menurunkan ratusan personel yang siap ditanya atau menanyakan penumpang yang bingung dan mengarahkan ke Terminal 3," katanya.

Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta dipastikan beroperasi pada 9 Agustus 2016 pukul 00.01 WIB.

Hal itu sejalan dengan surat Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Nomor AU.508/1/1/DRJU.DBU-2016, tanggal 2 Agustus 2016, perihal Pengoperasian Terminal 3.

Dalam surat tersebut dinyatakan bahwa setelah melalui proses verifikasi administrasi dan teknis serta evaluasi simulasi operasi pelayanan dan kesisteman, maka Terminal 3 dinyatakan dapat dioperasikan.

AP II dan Maskapai Garuda Indonesia mengaku siap melayani penumpang di terminal baru itu.

"Terkait hal itu, maskapai nasional Garuda Indonesia akan mulai melayani penerbangan untuk seluruh rute domestik melalui Terminal 3," katanya.

Agus menjelaskan koordinasi secara berkelanjutan dengan seluruh pemangku kepentingan khususnya Garuda Indonesia dan Airnav Indonesia akan terus dilakukan untuk memastikan operasional Terminal 3 berjalan lancar.

"Kami optimistis dioperasikannya Terminal 3 ini mampu mendukung terminal eksisting dalam mengakomodir pergerakan penumpang sehingga dapat meningkatkan pelayanan dan kenyamanan penumpang pesawat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta," katanya.

Sementara itu, Vice Predisent Corporate Communications Garuda Indonesia Benny S Butarbutar mengatakan bahwa perpindahan memang dilaksanakan secara bertahap, diawali dengan rute domestik, namun ke depannya seluruh penerbangan Garuda domestik dan internasional akan dilayani melalui Terminal 3.

"Dengan perpindahan ini, Garuda berharap para pengguna jasa dapat menikmati peningkatan fasilitas dan standar pelayanan yang kami berikan melalui terminal baru berkapasitas 25 juta penumpang tersebut," katanya. (Ant)

Editor : Diah Anggraeni Retnaningrum


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home