Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 10:59 WIB | Selasa, 26 Maret 2024

Apa Yang Diketahui Tentang Diagnosis Kanker Kate

Pangeran William dari Inggris dan Kate, Putri Wales, berpose untuk media dengan putri mereka yang baru lahir di St Mary Hospital, London, pada 2 Mei 2015. (Foto: do. AP/Alstair Grant)

LONDON, SATUHARAPAN.COM-Kate, Putri Wales dari Inggris, telah mengungkapkan bahwa dia menderita kanker dan sedang menjalani kemoterapi – meskipun dalam pengumuman video pada hari Jumat (22/3), dia tidak mengatakan jenis kanker apa atau mengungkapkan rincian pengobatannya.

Inilah yang diketahui tentang hal itu:

Operasi Macam Apa Yang Dilakukan Kate?

Kate menjalani operasi perut pada 16 Januari. Berita tersebut baru diumumkan keesokan harinya, ketika Istana Kensington mengungkapkan bahwa Kate sedang dalam masa pemulihan dari operasi yang direncanakan.

Pada saat itu, para pejabat mengatakan kondisinya tidak bersifat kanker tetapi tidak merinci jenis operasi apa yang akan dilakukan, dan hanya mengatakan bahwa operasi tersebut berhasil.

Kapan Kanker Kate Ditemukan?

Selama pengumuman video pada hari Jumat, Kate berkata: “Tes setelah operasi menemukan adanya kanker,” dan bahwa dia sedang dalam tahap awal pengobatan.

Dia tidak mengatakan jenis kanker apa yang ditemukan, dan dia juga tidak memberikan rincian kemoterapinya. Pernyataan dari Istana Kensington menyebutkan Kate mengetahui penyakit kanker tersebut setelah dilakukan tes pasca operasi.

Apakah Tidak Biasa Menemukan Kanker Setelah Operasi?

Meskipun kanker jarang ditemukan setelah operasi untuk masalah non kanker, hal ini terjadi pada sekitar 4% dari operasi tersebut, kata Dr. Yuman Fong, seorang ahli bedah di pusat kanker City of Hope di California Selatan.

“Angka 4% itu mewakili seseorang yang pergi ke ruang operasi untuk penyakit yang dianggap jinak” seperti prosedur pengangkatan kandung empedu atau kista ovarium, kata Fong.

Apakah Tidak Biasa Menemukan Kanker pada Seseorang Yang Begitu Muda?

Ya, kanker jarang terjadi pada orang dewasa muda. Namun di negara-negara maju, angka kejadian kanker meningkat di kalangan orang dewasa muda. Kate berusia 42 tahun.

“Kami benci kalau anak muda terkena kanker, tapi di saat yang sama, merekalah yang paling cepat sembuh,” kata Fong.

Perlakuan Seperti Apa Yang Dialami Kate?

Pernyataan istana mengatakan tidak ada rincian yang diberikan tentang kanker atau pengobatannya, kecuali dia memulainya pada akhir Februari.

“Kami tidak akan membagikan informasi medis pribadi apa pun lebih lanjut. Sang Putri berhak atas privasi medis seperti kita semua,” kata pernyataan itu.

Setelah operasi berhasil, kemoterapi sering digunakan untuk membantu membunuh sel kanker yang tersesat dan mencegah kanker datang kembali. Perawatan telah berkembang, dan ketika kemo digunakan sekarang, terkadang jangka waktunya lebih pendek atau dosisnya lebih rendah dari sebelumnya.

Apa Efek Samping Kemoterapi?

Kelelahan, mual, kesemutan di tangan dan kaki, dan terkadang rambut rontok adalah efek samping kemoterapi, kata Dr. Monica Avila dari Moffitt Cancer Center di Tampa, Florida. Tapi ada obat untuk memperbaiki efek samping ini. Dan topi dingin yang mendinginkan kulit kepala bisa mencegah rambut rontok, kata Avila.

“Seorang pasien memerlukan waktu beberapa pekan hingga satu atau dua bulan untuk pulih dari efek tersebut,” kata Avila. Mati rasa dan kesemutan membutuhkan waktu lebih lama untuk hilang, katanya.

Berapa Lama Pengobatan Kate Akan Bertahan?

Pernyataan istana mengatakan hal itu tergantung pada dokternya. “Sang putri sekarang berada dalam jalur pemulihan,” kata pernyataan itu. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home