Loading...
SAINS
Penulis: Melki 12:22 WIB | Selasa, 26 Maret 2024

Sutantra, Mahasiswa UK Maranatha Borong Tiga Medali PESONA 2024

Foto: dok. Sutantra Hartono

BANDUNG, SATUHARAPAN.COM - Sutantra Hartono (2221010), mahasiswa Program Sarjana Teknik Sipil Universitas Kristen (UK) Maranatha, berhasil meraih tiga medali sekaligus dalam Pekan Sains dan Olimpiade Nasional (PESONA) 2024 pada 14 Januari 2024.

Sutantra berhasil meraih medali emas dalam kategori kimia dan matematika, serta medali perak untuk kategori fisika. Kompetisi ini diselenggarakan oleh Yayasan Prestasi Maju Indonesia (Yapresindo).

Sutantra menuturkan alasan mengikuti olimpiade ini adalah untuk mengasah pengetahuan yang sudah dipelajari yang kemudian akan berpotensi berguna ke depannya.

Sutantra mengungkapkan, untuk mengikuti olimpiade ia selalu meluangkan waktu untuk belajar.

“Saya selalu menyempatkan waktu untuk belajar ketika selesai dari kegiatan perkuliahan maupun nonperkuliahan. Padatnya aktivitas yang saya jalani menjadi tantangan sekaligus kesulitan bagi saya dalam memanajemen waktu belajar. Meskipun begitu, karena lomba ini memiliki korelasi dengan prodi yang saya pelajari, saya relatif menjadi lebih mudah dalam mempelajari materi-materi yang ada,” ungkapnya dikutip Selasa (26/3). 

Cara untuk mengatasi kesulitannya, Sutantra selalu memegang prinsip disiplin dalam waktu dan tindakan.

Setelah diumumkan menjadi juara, Sutantra merasa senang dan bangga akan pencapaiannya. “Saya merasa senang karena berhasil meraih tiga medali pada kategori yang berbeda,” tuturnya. Ia juga mengatakan bahwa kemenangan yang diperoleh tidak lepas dari mukjizat Tuhan di dalam hidupnya sehingga Sutantra berharap setelah kemenangan ini dapat meraih prestasi lebih banyak lagi.

“Semoga ke depannya saya dapat mengharumkan almamater lebih lagi,” tutur Sutantra.

PESONA 2024 merupakan kompetisi nasional yang terbagi menjadi empat tingkat peserta, yaitu SD, SMP, SMA, dan Perguruan Tinggi. Tingkatan perguruan tinggi terbagi ke dalam sembilan kategori lomba, yakni matematika, fisika, kimia, biologi, ekonomi, akuntansi, geografi, sosiologi, dan kebumian. Sutantra mengikuti kategori matematika, kimia, dan fisika. Terdapat 331 mahasiswa yang berpartisipasi pada tingkat perguruan tinggi.

Tujuan dari diselenggarakannya olimpiade ini adalah sebagai media dan ajang kompetisi untuk mendorong minat sains di kalangan mahasiswa.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home