Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 13:47 WIB | Kamis, 20 Juni 2013

Aparat Terus Memaksa Pengungsi Muslim Syiah Keluar dari GOR Sampang

Aparat Terus Memaksa Pengungsi Muslim Syiah Keluar dari GOR Sampang
Warga Muslim Syiah di GOR Sampang. (Foto:istimewa)
Aparat Terus Memaksa Pengungsi Muslim Syiah Keluar dari GOR Sampang

SAMPANG, SATUHARAPAN.COM – Aparat keamanan sampai Kamis (20/6) siang ini terus memaksa warga Muslim Syiah yang mengungsi di gelanggang olah raga (GOR) Sampang, Madura  untuk dipindahkan. Namun mereka tidak bersedia di pindahkan keculai ke kampong mereka. Polisi berusaha menyeret mereka untuk masuk ke dalam kendaraan yang akan mengangkut ke tempat lain.

Di GOR tersebut terdapat sekitar 250 warga Muslim Syiah, termasuk 58 anak-anak dan bayi, yang mengungsi akibat kekerasan agama. Dari informasi berbagai pihak, mereka akan dipindahkan ke Sidoarjo. Dan hal itu berarti mereka makin dijauhkan dari kampung mereka sendiri.

Para pengungsi itu menolak untuk dipindahkan, kecuali dengan aman mereka kembali ke kampung mereka yang telah ditinggalkan selama sembilan bulan ini.

Komisioner Komnas Perempuan, KH Husein Mohammad, menyayangkan cara-cara yang dilakukan oleh aparat keamanan dan pihak masyarakat yang mendesak para pengungsi itu untuk dipindahkan. “Kondisi  di lapangan sangat memprihatinkan, dan hal ini tidak boleh terjadi,” katanya kepada satuharapan.com.

Menurut dia, pemerintah mempunyai banyak cara untuk mengatasi masalah ini, dan hal itu hanya bisa ditemukan dengan cara berdialog. Dia juga mengingatkan jangan sampai terjadi kekerasan dalam kasus ini.

Husein mengingatkan bahwa pemerintah harus memenuhi kewajibannya dalam melindungi warga negara dan hak-hak mereka. Dan para tokoh agama di sana diharapkan menggunakan cara-cara dialog untuk mengatasinya.

Menurut dia, sampai sekarang situasinya justru menjadi semakin mencemaskan. Kalau salah menangani dikhawatirkan justru bukan penyelesaian tetapi semakin bermasalah dan menjadi preseden yang buruk.

Dia mengharapkan agar aparat kepolisian bisa bertindak netral dan bertindak atas nama negara untuk melindungi hak-hak warganya. “Jangan justru yang menderita yang kemudian menjadi korban, dan jangan bertindak hanya atas desakan kelompok yang kuat,” katanya menegaskan.

Sampai sejauh ini tidak ada informasi yang jelas mengapa para pengungsi ini dipindahkan ke Sidorajo dan akan diserahkan kepada Pemda Provinsi  Jawa Timur.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home