Loading...
EKONOMI
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 16:04 WIB | Senin, 13 April 2015

Apindo Siap Bantu Pemerintah Genjot Ekspor Lewat 6 Jalur

Menteri Perdagangan Rachmat Gobel (kiri) dan Ketua Umum Apindo Hariyadi B. Sukamdani (kanan) dalam penandatanganan nota kesepahaman "Pembinaan dan Pengembangan Pelaku Usaha Nasional dalam Upaya Peningkatan Ekspor dan Penguatan Pasar Dalam Negeri" di Kantor Kementerian Perdagangan Jalan M.I Ridwan Rais Jakarta Pusat, Senin (13/4). (Foto: Diah A.R)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi B. Sukamdani menyatakan bahwa Apindo akan membantu Kementerian Perdagangan (Kemendag) untuk melakukan beberapa upaya peningkatan ekspor.

“Apindo berkomitmen untuk memberikan masukan kepada pemerintah mengenai permasalahan nasional dan internasional yang dapat mempengaruhi peningkatan ekspor dan penguatan dalam negeri,” kata Hariyadi dalam penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan Menteri Perdagangan tentang Pembinaan dan Pengembangan Pelaku Usaha Nasional dalam Upaya Peningkatan Ekspor dan Penguatan Pasar Dalam Negeri di Kantor Kemendag Jalan M.I Ridwan Rais Jakarta Pusat, Senin (13/4).

Apindo berharap MoU  mampu mendorong pelaku usaha ekspor Indonesia untuk memanfaatkan fasilitas preferensi perdagangan termasuk mendukung pemerintah dalam memberikan pemahaman dunia usaha terkait isu-isu strategis di bidang perdagangan, standarisasi dan perlindungan konsumen, kepatuhan sosial dan Hak Kekayaan Intelektual.

Selain itu, Apindo juga memberikan dukungan untuk membuka jalan kontrak dagang antara pelaku usaha ekspor Indonesia, termasuk usaha kecil menengah (UKM) dengan pelaku usaha asing. Kegiatan promosi perdagangan di dalam dan luar negeri menjadi perhatian Apindo untuk diisi dengan para pelaku usaha dan binaan pemerintah.

Untuk itu, Apindo dan Kemendag sepakat menjalankannya dalam enam ruang lingkup. Hal itu meliputi penyebarluasan informasi mengenai kebijakan pemerintah dan peraturan perundang-undangan di bidang perdagangan kepada pengusaha Indonesia, identifikasi permasalahan nasional dan internasional yang dapat berpengaruh terhadap peningkatan ekspor dan penguatan pasar dalam negeri, penyelenggaraan pendidikan, latihan dan kegiatan lain termasuk pengembangan pola kemitraan yang bermanfaat dalam peningkatan ekspor dan penguatan pasar dalam negeri.

Kemudian ruang lingkup yang lain adalah upaya pemanfaatan fasilitas preferensi perdagangan dalam mendukung peningkatan ekspor nasional, koordinasi dalam peningkatan hubungan dagang dan kerja sama antara pengusaha Indonesia dan pengusaha luar negeri untuk mendukung peningkatan ekspor dan penguatan pasar dalam negeri serta koordinasi dan penyelenggaraan promosi dagang di dalam dan luar negeri dengan memberdayakan dan memaksimalkan peran perwakilan perdagangan di luar negeri.

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home