Loading...
EKONOMI
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 18:46 WIB | Senin, 16 Februari 2015

Apresiasi Kinerja Pemda, KKP Beri Anugerah E-KKP3K

Sjarief Widjaja ketika mewakili Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti berbicara di kegiatan Lokakarya Nasional Pengelolaan Kawasan Konservasi di Ballroom KKP Jalan Ridwan Rais, Jakarta Pusat, Senin (16/2). (Foto: Diah A.R)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) meluncurkan Program Anugerah E-KKP3K dalam kegiatan Lokakarya Nasional Pengelolaan Kawasan Konservasi. Program yang dilaksanakan dua tahun sekali itu merupakan bentuk apresiasi pemerintah pusat kepada pemerintah daerah melalui pengelolaan kawasan konservasi yang dinilai berprestasi dalam mengelola kawasan konsercasi di wilayahnya.

“November nanti, kami akan memberikan penghargaan kepada pengelola kawasan konservasi yang dinilai berprestasi pada tahun 2014 melalui program ini,” kata Sekretaris Jenderal KKP Sjarief Widjaja di Ballroom KKP Jalan Ridwan Rais, Jakarta Pusat, Senin (16/2).

Program serupa pernah digelar pada tahun 2013. Penilaiannya dilakukan berdasarkan Pedoman Teknis Evaluasi Efektivitas Pengelolaan Kawasan Konservasi Perairan, Pesisir, dan Pulau-pulau Kecil (E-KKP3K) yang telah ditetapkan oleh Direktur Jenderal Kelautan, Pesisir dan Pulau-pulau Kecil pada tahun 2012.

Sjarief berharap program ini bisa menjadi acuan bagi para pengelola kawasan konservasi di Indonesia agar semakin giat dan kreatif mewujudkan pengelolaan kawasan yang efektif dan berkelanjutan.

“Saya berharap kawasan konservasi prioritas dapat mencapai level emas pada tahun 2019,” kata dia.

Menurutnya tahun 2015 ini merupakan langkah baru bagi Indonesia dalam kebijakan pengelolaan wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil (WP3K). Upaya pengelolaan WP3K serta program-program KKP seluruhnya bermuara kepada aspek keberlanjutan yang mengedepankan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Oleh sebab itu konservasi menjadi salah satu program prioritas kita dalam lima tahun ke depan,” kata Sjarief.

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home