Loading...
SAINS
Penulis: Ignatius Dwiana 21:27 WIB | Kamis, 02 September 2021

AptameX: Alat Tes Covid-19 Ekonomis, Nyaman, dan Akurat

AptameX: Alat Tes Covid-19 Ekonomis, Nyaman, dan Akurat
Produk AptameX.
AptameX: Alat Tes Covid-19 Ekonomis, Nyaman, dan Akurat
CEO Achiko AG Steven Goh.
AptameX: Alat Tes Covid-19 Ekonomis, Nyaman, dan Akurat
Senior VP Operations Asia Achiko AG Windiaprana Ramelan.

SATUHARAPAN.COM – Sembari menjalankan program vaksinasi, tes Covid-19 merupakan cara untuk mengendalikan penyebaran virus dan variannya.

Tetapi tes Covid-19 rutin masih dinilai sebagai suatu kewajiban atau prosedur yang baru akan dilakukan ketika kondisi tubuh mengalami sejumlah gejala yang merujuk Covid-19.

Tes ini diperlukan ketika rutinitas hidup seperti bekerja, sekolah, dan bersosialisasi, harus berlangsung. Inilah kehidupan normal baru yang terjadi.

Salah satu opsi praktis, nyaman, dan terjangkau secara biaya adalah alat tes diagnostik Covid-19 berbasis saliva yang dikembangkan PT Achiko Medika Indonesia dan PT Indofarma Tbk bernama AptameX Covid-19 DNA Aptamer Gold Nanoparticle Test Kit.

“Tes secara teratur sangat penting dalam menghadapi pandemi. AptameX adalah sebuah alat tes diagnostik Covid 19 yang diproduksi di dalam negeri oleh dan untuk masyarakat yang telah dirancang untuk dapat diintegrasikan ke dalam ritual kebersihan gigi yang normal dan oleh karena itu dapat dengan mudah menjadi bagian dari rutinitas sehari-hari,” kata Direktur Utama PT Indofarma Tbk Arief Pramuhanto dalam webinar ‘Rajin Test Covid-19: The New Normal’ di Jakarta pada Kamis (26/8).

Dia melanjutkan,”Akses terhadap pengujian yang andal dan terjangkau akan memungkinkan kita semua untuk menjalani kembali kehidupan yang normal dan pada saat bersamaan kita berupaya mengendalikan penyebaran Covid-19. Indofarma dalam kemitraan dengan Achiko bertujuan untuk membuat tes diagnostik ini tersedia dengan harga yang terjangkau oleh semua orang.”

CEO Achiko AG Steven Goh menuturkan kebanggaannya ketika produk AptameX ini memperoleh izin edar dari Kementerian Kesehatan.

“Kami bangga dan senang menerima persetujuan resmi atas test kit penuh terobosan kami AptameX. Adalah suatu pencapaian yang luar biasa bagi kami untuk dapat memasarkannya bersama Indofarma,” ujarnya.

Produk AptameX ini memperoleh izin edar yang diberikan Kementerian Kesehatan dengan Nomor Izin Edar AKD 20303121654 pada 13 Agustus 2021.

AptameX adalah tes rapid diagnostik Covid-19 yang nyaman digunakan, cepat, dan akurat untuk mendeteksi lonjakan protein S1 pada permukaan virus SARS-CoV-2 dalam sampel saliva.

Berdasarkan hasil validasi yang dilakukan di Indonesia dan Spanyol, nilai sensitivitas dan spesivitas AptameX unggul pada sampel dengan CT value 29.

Hal ini merupakan salah satu keunggulan AptameX di mana ketika produk lain kehilangan sensitivitas pada CT > 25 atau ketika nilai viral load tinggi, AptameX masih mampu menunjukkan nilai sensitivitas > 75 persen.

AptameX direncanakan akan diproduksi sebanyak 10.000.000 test kit dalam satu tahun yang dimulai pada September 2021.

Setelah mendapatkan izin edar dari Kementerian Kesehatan, AptameX akan melalui proses pengujian selama dua bulan sebelum memulai produksinya.

Senior VP Operations Asia Achiko AG Windiaprana Ramelan menyebutkan produk itu akan siap bagi masyarakat Indonesia dengan harga yang semakin ekonomis.

“Produk kami akan siap bagi masyarakat Indonesia pada kuartal IV tahun ini. Dengan harga di bawah Rp 50 000 yang akan menjadi semakin ekonomis seiring waktu, AptameX sangat mudah digunakan di mana kami akan bekerja sama dengan klinik dan rumah sakit dalam penggunaan produk ini,” katanya.

Konsumen yang akan menggunakan AptameX hanya akan melakukan kumur dengan cairan yang disediakan di dalam kemasan produk ini. Kemudian sampel saliva yang ada di dalam hasil cairan kumur tadi akan diperiksa di laboratorium dengan hasil muncul dalam hitungan menit.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home