Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Putu Ayu Bertyna Lova 07:11 WIB | Jumat, 31 Mei 2013

Aqua Danone Nations Cup Kembali Diadakan

Aqua Danone Nations Cup Kembali Diadakan
Andik Virmansyah dari Persebaya Surabaya dan Timnas Senior Indonesia, juggling bersama anak-anak peserta Aqua DNC (foto-foto: Ayu B. Lova)
Aqua Danone Nations Cup Kembali Diadakan
dari kiri ke kanan - Corporate Communications Director Danone AQUA Troy Pantouw, anggota timnas Indonesia yang juga alumni AQUA DNC 2004, Andik Virmansyah, Brand Director Danone AQUA Febby Intan, Kemenpora Roy Suryo, VP Corporate Secretary Danone AQUA Parmaningsih Hadinegoro, anggota komite eksekutif PSSI – Pembinaan Usia Muda La Siya, pelatih timnas AQUA DNC 2013 Timo Scheunemann, psikolog keluarga dan Direktur Lembaga Daya Insani Sani B. Hermawan, VP Marketing Danone AQUA Joanna Staude

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Aqua kesekian kalinya mengadakan Aqua Danone Nations Cup (DNC). Acara ini merupakan festival sepakbola tahunan anak-anak usia 10-12 tahun terbesar di Indonesia. Tahun ini merupakan tahun ke-11 penyelenggaraan Aqua DNC, sejak pertama kali diadakan tahun 2003.

Danone Nations Cup (DNC) adalah festival sepakbola tahunan bagi anak-anak usia 10-12 tahun terbesar di dunia. DNC bahkan sudah diakui sebagai Piala Dunia sepakbola untuk anak-anak oleh Federation Internationale de Football Association (FIFA). DNC pertama kali dibentuk pada tahun 2000. Sekitar 2,5 juta anak atau 20.000 tim dari 40 negara di dunia akan berpartisipasi dalam DNC setiap tahunnya. DNC didukung oleh FIFA dan French Football Federation (FFF). Sebagai Duta Internasional ditampilkan Pemain Sepakbola dari Perancis, Zinedine Zidane.

DNC memberikan nilai-nilai universal yang sangat baik bagi anak-anak Indonesia yaitu, Keikutsertaan, dengan jalan menjangkau sebanyak mungkin peserta diseluruh penjuru Indonesia. Keterbukaan, dengan jalan memberikan kesempatan yang sama bagi seluruh tim, untuk dapat menjadi pemenang yang dapat mewakili Indonesia di Final Dunia. Kegembiraan, prinsip bermain tanpa tekanan dari siapapun, berteman dengan peserta lain dan bergembira bersama. Sportifitas, mengajarkan sejak dini fairplay kepada seluruh peserta, menghormati wasit dan sesama pemain.

Sejak tahun 2003, Indonesia secara konsisten menyelenggarakan festival sepakbola ini, dan mengirimkan wakilnya untuk berlaga di level Internasional. Berbagai prestasi yang diberikan pun membanggakan Indonesia.

Juara-juara Aqua DNC yaitu, 2003, Sekolah Sepak Bola (SSB) Oemar Bakrie, Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Final Dunia 2005, tim Makasar, MFS 2000, meraih gelar The Best Attack Team, dan memecahkan rekor gol terbanyak sepanjang sejarah Danone Nations Cup dengan 24 gol, atas nama Irvin Museng. Final Dunia 2006, MFS 2000, peringkat empat dunia. Final Dunia 2009, SSB Pengcab PSSI Semarang, peringkat enam. Final Dunia 2010, SSB Banteng Muda Malang, peringkat 15. Final Dunia 2011, SSB Hasanuddin, Makasar, menjadi kiper ke-2 terbaik pada saat bertanding di Stadio Bernabeu, Madrid, Spanyol. Final Dunia 2012, SSB Putra Muara Cunda Aceh, peringkat 23.

Aqua DNC didukung FIFA, FFF, Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI), Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (KEMENEGPORA), Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI). Even ini mampu melahirkan talenta muda sepakbola seperti, Rasyid Bakri (PSM Makasar – Timnas Senior), Andik Virmansyah (Persebaya Surabaya – Timnas Senior), Kurniawan Karman (PSM Makasar – Timnas Junior).

Tahun ini, diberlakukan sistem baru, tidak lagi menggunakan sistem pendaftaran berdasarkan satu kota mewakili satu provinsi. Sistem diperluas menjadi wilayah, dimana satu wilayah bisa diikuti oleh tim dari beberapa provinsi. Setiap Sekolah Dasar (SD) atau SSB boleh mendaftarkan lebih dari satu grup. Kriterianya adalah anak-anak dalam rentang usia 10-12 tahun. Tidak boleh kurang atau lebih. 

Selain melalui pendaftaran offline di tempat yang telah ditentukan, pertama kalinya Aqua Danone juga memberikan informasi pendaftaran peserta melalui akun facebook resminya di 2013, yaitu Sehat Aqua. Akun ini juga meng-update hasil pertandingan, foto dan cuplikan pertandingan.

 

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home