Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 09:34 WIB | Selasa, 29 Desember 2020

Arab Saudi Penjarakan Aktivis hak-hak Perempuan

Aktivis hak-hak perempuan Arab Saudi, Loujain Al-Hathloul. (Foto: dok. Reuters)

DUBAI, SATUHARAPAN.COM-Pengadilan Arab Saudi pada hari Senin (28/12) mevonis hukuman penjara hamper enam tahun terhadap aktivis hak perempuan terkemuka, Loujain Al-Hathloul, kata keluarganya, setelah persidangan yang menuai kecaman internasional.

Putusan dan hukuman tersebut menjadi tantangan bagi hubungan Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman dengan Presiden terpilih Amerika Serikat, Joe Biden, yang mengkritik catatan hak asasi manusia Riyadh.

Hathloul, 31 tahun, yang ditahan sejak 2018 setelah penangkapannya bersama dengan beberapa aktivis hak perempuan lainnya, akan mengajukan banding atas hukuman tersebut, kata saudara perempuannya.

Dia dituduh berusaha mengubah sistem politik Arab Saudi dan merusak keamanan nasional, kata surat kabar Arab Saudi, Sabq dan Al-Shark Al-Awsat, di bawah undang-undang kontra-terorisme yang luas. Pengadilan menangguhkan dua tahun dan 10 bulan dari hukuman lima tahun delapan bulan, yang sebagian besar sudah menjalani hukuman sejak penangkapannya pada 15 Mei 2018, dengan pembebasan bersyarat, kata saudara perempuan Hathloul, Lina.

Karena itu, dia bisa dibebaskan pada Maret 2021, dengan kemungkinan kembali ke penjara jika dia melakukan kejahatan apa pun, kata surat kabar itu. Hathloul juga dilarang bepergian selama lima tahun, kata saudara perempuannya, menambahkan bahwa Hathloul menangis ketika dia dijatuhi hukuman dan akan mengajukan banding.

“Kakak saya bukan teroris, dia aktivis. Dihukum karena aktivisme reformasi yang MBS dan kerajaan Arab Saudi dengan bangga dipuji mengakhiri kemunafikan,” kata Lina dalam sebuah pernyataan.

Perhatian Pemerintah Biden

Juru bicara Departemen Luar Negeri AS, Cale Brown, mengatakan Amerika Serikat "prihatin dengan laporan" tentang hukuman terhadap Hathloul. “Kami telah menekankan pentingnya kebebasan berekspresi dan aktivisme damai di Arab Saudi karena mempromosikan hak-hak perempuan. Kami menantikan rilis awal yang diantisipasi pada tahun 2021,” katanya di Twitter.

Jake Sullivan, penasihat keamanan nasional Biden, tampaknya menegaskan kembali di Twitter bahwa pemerintahan Biden berencana untuk mengangkat masalah hak asasi manusia dalam hubungannya dengan Riyadh.

Hukuman Hathloul "karena menggunakan hak-hak universal adalah tidak adil dan mengganggu," tulis Sullivan dalam tweet. "Seperti yang telah kami katakan, pemerintahan Biden-Harris akan melawan pelanggaran hak asasi manusia di mana pun itu terjadi."

Pakar hak asasi manusia Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) menyebut tuduhan itu sebagai "palsu." Kantor hak asasi manusia PBB mengatakan hukuman itu "sangat mengganggu" dan menyerukan pembebasannya segera.

Kelompok hak asasi dan keluarganya mengatakan Hathloul, yang berkampanye untuk hak perempuan untuk mengemudi dan mengakhiri sistem perwalian laki-laki kerajaan, menjadi sasaran pelecehan, termasuk sengatan listrik, waterboarding, cambuk dan serangan seksual.

Bantah Tuduhan

Otoritas Arab Saudi telah membantah tuduhan tersebut. Pada 2019, Hathloul menolak untuk membatalkan tuduhan penyiksaan dengan imbalan pembebasan lebih awal, kata keluarganya. Pengadilan pekan lalu menolak tuduhan tersebut, dengan alasan kurangnya bukti.

Sabq dan Al-Shark Al-Awsat melaporkan hakim mengatakan Hathloul mengaku melakukan kejahatan tanpa paksaan. Hukuman Hathloul dijatuhkan hampir tiga pekan setelah pengadilan Riyadh memenjarakan dokter AS-Saudi Walid al-Fitaihi selama enam tahun, terlepas dari tekanan AS untuk membebaskannya, dalam kasus yang oleh para aktivis disebut bermotif politik.

Diplomat asing mengatakan persidangan mereka bertujuan untuk mengirim pesan di dalam dan luar negeri bahwa Arab Saudi tidak akan menyerah pada tekanan pada masalah hak asasi manusia. Riyadh juga dapat menggunakan kalimat tersebut sebagai pengaruh dalam negosiasi masa depan dengan pemerintahan Biden, kata seorang diplomat.

Biden mengatakan dia akan mengambil sikap yang lebih tegas dengan Arab Saudi, raksasa minyak dan pembeli utama senjata Amerika, daripada Presiden Donald Trump, yang merupakan pendukung kuat Pangeran Mohammed dan memberikan penyangga terhadap kritik internasional setelah pembunuhan jurnalis Arab Saudi, Jamal Khashoggi.

Hathloul menjadi terkenal pada tahun 2013 ketika dia mulai mengkampanyekan hak perempuan untuk mengemudi secara terbuka. Para pejabat Arab Saudi mengatakan penangkapan aktivis perempuan dilakukan atas tuduhan merugikan kepentingan Arab Saudi dan menjadi keuntungan bagi emen-elemen permusuhan di luar negeri.

Kelompok hak asasi Arab Saudi yang berbasis di London, ALQST, mengatakan aktivis lain, Mayaa al-Zahrani, juga dihukum pada hari Senin (28/12) dan diberi hukuman yang sama dengan Hathloul. Selain itu, Nassimah Al-Saadah dijatuhi hukuman lima tahun penjara dengan dua tahun ditangguhkan pada akhir November, menurut Human Rights Watch.

Keluarga Hathloul mempublikasikan dakwaannya setelah kasusnya dipindahkan ke Pengadilan Kriminal Khusus Riyadh, yang awalnya didirikan untuk mengadili tersangka terorisme tetapi telah digunakan selama dekade terakhir untuk menuntut orang yang dianggap sebagai pembangkang.

Tuduhan utama terhadap Hathloul, yang diancam hukungan hingga 20 tahun penjara, termasuk berusaha mengubah sistem politik Arab Saudi, menyerukan diakhirinya perwalian laki-laki, mencoba melamar pekerjaan di PBB, dan berkomunikasi dengan kelompok hak asasi internasional dan aktivis Arab Saudi.

Hathloul juga didakwa berbicara dengan diplomat asing dan media internasional tentang hak-hak perempuan. “Kasus terhadap Loujain, yang hanya didasarkan pada aktivisme hak asasi manusia, adalah parodi keadilan dan mengungkapkan kedalaman yang akan mereka gunakan untuk membasmi suara-suara independen,” kata Adam Coogle dari Human Rights Watch. Kantor media pemerintah Arab Saudi belum menanggapi permintaan komentar dari Reuters.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home