Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 17:39 WIB | Minggu, 07 Oktober 2018

Arab Saudi Tunjuk Perempuan Pertama sebagai Direktur Bank

Lubna Al Olayan. (Foto: The Arabia Watch)

RIYADH, SATUHARAPAN.COM – Seorang pebisnis bernama Lubna Al Olayan menjadi perempuan Arab Saudi pertama yang menjabat sebagai direktur bank.

Pihak Kerajaan Saudi, menunjuk Al Olayan, 63 tahun, memimpin bank baru hasil merger The Saudi British Bank (SABB) dan Alawwal Bank. Bank baru itu praktis menjadi bank terbesar ketiga di Saudi dengan modal sebesar US$17,2 miliar atau Rp260,6 triliun.

Jauh sebelum penunjukan ini, Al Olayan sudah dipandang sebagai sosok pendobrak dominasi pria dalam industri keuangan Saudi.

Sedemikian cemerlang nama Al Olayan, dia memuncaki daftar Perempuan Paling Berpengaruh di Timur Tengah tahun 2018 versi majalah Forbes.

Penunjukan bankir yang mengenyam pendidikan di Amerika Serikat itu terjadi di tengah langkah Kerajaan Saudi dalam menguatkan pemberdayaan perempuan, seperti membolehkan perempuan mendaftar menjadi tentara dan membebaskan perempuan mengemudi kendaraan.

Pemberdayaan perempuan ini dipandang sebagai salah satu bagian skema modernisasi Kerajaan Saudi atau Visi Saudi 2030 yang dicetuskan Putra Mahkota Pangeran Mohammed bin Salman.

Pernikahan Al Olayan dengan pengacara asal Amerika Serikat John Xefos, dikaruniai tiga orang anak perempuan. (bbc.com/wikipedia)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home