Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 19:53 WIB | Jumat, 17 April 2020

AS Bantu Palestina US$ 5 Juta Untuk Atasi COVID-19

Polisi Palestina berjaga-jaga ketika seorang perempuan mengenakan masker menunggu dengan orang lain di luar bank untuk menarik uang tunai, di Kota Gaza. (Foto: dok. Reuters)

RAMALLAH, SATUHARAPAN.COM-Amerika Serikat memberikan lima juta dolar AS kepada Palestina untuk membantu memerangi epidemi virus corona, kata seorang utusan AS, hari Kamis (16/4).

Bantuan itu diumumkan oleh Duta Besar AS untuk Israel, David Friedman, setelah bertahun-tahun pemotongan bantuan oleh pemerintahan Presiden Donald Trump untuk wilayah Palestina di Tepi Barat dan Gaza yang diduduki Israel.

"Saya sangat senang AS menyediakan US$ 5 juta untuk rumah sakit dan rumah tangga Palestina untuk memenuhi kebutuhan mendesak dan menyelamatkan jiwa, dalam memerangi COVID-19," tulis Friedman di Twitter. "AS, sebagai donor bantuan kemanusiaan top dunia, berkomitmen untuk membantu rakyat Palestina," tambahnya.

Dana sebesar US$ 5 juta akan menjadi bantuan untuk bencana internasional dari Badan Pembangunan Internasional AS, menurut situs web Departemen Luar Negeri. Namun sejauh ini belum ada komentar dari Palestina tentang bantuan itu.

Pemerintahan Trump sejak 2018 telah memotong ratusan juta dolar bantuan kepada Palestina. Pemotongan itu sebagian besar sebagai upaya untuk menekan mereka kembali ke meja perundingan dalam pembicaraan damai dengan Israel.

Palestina telah memboikot upaya perdamaian Trump sejak 2017, menuduhnya bias pro-Israel setelah ia mendeklarasikan Yerusalem sebagai ibu kota Israel, dan kemudian memindahkan kedutaan Amerika Serikat di sana dari Tel Aviv.

Trump merilis rencana perdamaian di Timur Tengah pada bulan Januari. Israel menyambutnya, sementara orang-orang Palestina menolaknya. Sebagian alasannya adalah karena AS mendukung Israel untuk menjaga permukimannya di wilayah Tepi Barat, wilayah yang direbut dalam perang tahun 1967. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home