Loading...
DUNIA
Penulis: Bayu Probo 10:24 WIB | Sabtu, 17 Mei 2014

AS dan Inggris Sambut Kemenangan Telak BJP

Pejalan kaki melewati graffiti yang menampilkan pemimpin BJP, Narendra Modi, perdana meneteri Manmohan Singh, pemimpin Partai Aam Aadmi, Arvind Kejriwal, dan pemimpin partai Kongres Rahul Gandhi di Kolkata, India. (Foto: AFP)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry mengucapkan selamat kepada perdana menteri baru India Narendra Modi pada Jumat (16/5), setelah dia memimpin Partai nasionalis Hindu Bharatiya Janata (BJP) meraih kemenangan telak dalam pemilu. Perdana Menteri Inggris David Cameron juga ucapkan selamat.

“Selamat kepada @narendramodi dan BJP,” tweet Kerry. “Tidak sabar untuk bekerja sama denganmu untuk mengembangkan kemakmuran serta keamanan bersama negara dengan demokrasi terbesar di dunia.”

Hasil awal di akhir pemilihan umum yang sudah berlangsung selama enam pekan di India menunjukkan BJP berada dalam jalur untuk mencapai mayoritas parlemen oleh partai tunggal sejak 1984.

Dalam pidato kemenangannya, Modi berjanji akan mewujudkan impian seluruh warga negara India.

“Ketegangan pemilu sudah berakhir dan orang-orang sudah memberikan putusannya, yang mengatakan bahwa kita harus memajukan India demi mewujudkan impian 1,2 miliar warga India,” ucap Modi dalam sebuah kampanye di Gujarat.

PM Inggris Sambut Kemenangan Modi di Pemilu

Perdana Menteri Inggris David Cameron pada Jumat mengucapkan selamat kepada Narendra Modi atas kemenangannya dalam pemilu India, dengan mengatakan dia ingin bekerja sama dengan nasionalis Hindu itu yang diboikot London selama satu dekade.

Inggris pernah secara efektif menjatuhkan pembekuan diplomatik kepada Modi selama sepuluh tahun atas kekerasan anti-Muslim di kampung halamannya negara bagian Gujarat pada 2002, namun memulihkan hubungan dengannya pada 2012 sebagai bagian dari upaya umum untuk meningkatkan hubungan dengan India.

“Selama @narendramodi atas kemenangannya dalam pemilu India. Bersemangat untuk bekerja sama guna mendapatkan sebagian besar dari hubungan Inggris-India,” ujar perdana menteri dalam akun Twitter resmi untuk kantor 10 Downing Street Cameron.

Menteri Luar Negeri Inggris William Hague juga mengirimkan ucapan selamat kepada Modi dan mengatakan dia akan “berupaya membangun sebuah kemitraan lebih erat dengan India dalam beberapa bulan ke depan.”

“Inggris menjalin hubungan kuat dengan India dan Pemerintah Inggris berupaya bekerja sama dengan Pemerintah baru India untuk membangun dalam hubungan itu dan memberikan keamanan, pertumbuhan dan kesejahteraan bagi kedua negara,” kata Hague dalam sebuah pernyataan. (AFP)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home