Loading...
DUNIA
Penulis: Bayu Probo 10:06 WIB | Sabtu, 17 Mei 2014

Modi Menang Pemilu, Pendukung Bersuka

Kepala Menteri negara bagian India barat, Gujarat, sekaligus kandidat perdana menteri dari Bharatiya Janata Party Narendra Modi berpidato dalam kampanye kepresidenan di Mumbai pada 21 April 2014. (Foto: AFP)

INDIA, SATUHARAPAN.COM – Para pendukung Narendra Modi menari, bernyanyi dan saling berbagi manisan saat merayakan kemenangan pemilu India yang ada di ujung mata, Jumat (16/5).

Massa meneriakkan "Hidup Modi, hidup Modi!" di luar markas besar partainya di Ahmadabad, kota terbesar di negara bagian Gujarat.

"Saya akan memberi tahu anak-anak saya tentang hari bersejarah ini!" kata Tejas Patel (27), mengenakan kaus bergambar wajah Modi di luar kantor Bharatiya Janata Party (BJP).

Massa menari dan melambaikan tangan mereka di udara mengikuti irama drum dan trompet. Hasil awal dan perhitungan cepat media menunjukkan BJP berada di jalur kemenangan mayoritas kursi parlemen yang partai tunggal dalam 30 tahun terakhir.

"Kemenangan ini (BJP) merupakan sebuah pergeseran tektonik dalam lanskap pemilu," kata pemimpin senior BJP Ravi Shankar Prasad kepada jaringan televisi India, NDTV.

BJP berada di jalur untuk menghancurkan partai Kongres yang telah 10 tahun berkuasa. Hasil perhitungan awal menunjukkan Modi menguasai apa yang dijuluki media lokal sebagai dukungan "tsunami" berkat janji-janji partai terhadap pekerjaan dan pembangunan.

Modi sendiri, yang hampir dipastikan menjadi perdana menteri, merayakan hasil perhitungan cepat dengan cara yang sederhana. Ia mengunjungi ibunya yang sudah tua di Gandhinagar, ibu kota negara bagian Gujarat. Sang ibu menyuapkan manisan kepada pemimpin BJP itu dan memberikan berkat saat mereka duduk di luar teras rumahnya, disaksikan anak-anak, simpatisan dan media.

Berdasarkan hasil perhitungan pemilu yang masih berjalan, BJP berada di jalur untuk memenangkan 272 kursi yang diperlukan untuk mayoritas parlemen, sementara partai Kongres menuju kekalahan terburuk yang pernah dialaminya. (AFP)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home