Loading...
DUNIA
Penulis: Melki Pangaribuan 18:19 WIB | Jumat, 01 April 2016

AS dan Sekutu Komitmen Berlakukan Sanksi Korut

Presiden AS Barack Obama (tengah) bersama Perdana Menteri Shinzo Abe (kanan) dan Presiden Korea Selatan Park Geun-Hye (kiri). (Foto: bongorama.com)

WASHINGTON, SATUHARAPAN.COM - Amerika Serikat (AS), Jepang dan Korea Selatan, hari Kamis (31/3) berkomitmen untuk bekerja sama lebih erat untuk memberlakukan sanksi Perserikatan Bangsa-Bangsa terhadap program nuklir dan rudal balistik Korea Utara, kata Presiden AS Barack Obama setelah bertemu dengan para pemimpin negara tersebut.

“Kami menggabungkan upaya untuk mencegah dan bertahan dari provokasi Korea Utara,” kata Obama, dengan Perdana Menteri Shinzo Abe dan Presiden Korea Selatan Park Geun-Hye di sebelahnya.

“Kami harus bekerja sama untuk menghadapi tantangan ini dan kami juga menyadari pentingnya bagi seluruh masyarakat internasional untuk memberlakukan langkah-langkah Dewan Keamanan PBB.”

Sanksi lebih berat PBB diberlakukan pada 2 Maret menyusul uji coba nuklir keempat Korea Utara pada Januari dan serangkaian uji coba nuklir yang meningkatkan ketegangan di semenanjung Korea.

Obama menggelar konferensi tingkat tinggi mengenai keamanan nuklir di Washington, sebagian dipicu oleh konfrontasi dengan Pyongyang.

Dia juga akan bertemu secara terpisah dengan Presiden Xi Jinping dari Tiongkok, sekutu terdekat Korea Utara dan dipandang sebagai kunci untuk menyukseskan pelaksanaan sanksi.(AFP/Ant)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home