Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 08:24 WIB | Senin, 06 Juli 2015

AS Juara Piala Dunia Putri 2015

AS Juara Piala Dunia Putri 2015
Para pemain putri AS memeluk Tobin Heath (tengah) yang mencetak gol kelima ke gawang Jepang pada pada pertandingan final yang berlangsung di Stadion BC Place, Vancouver, Kanada, Senin (6/7) pagi WIB. (Foto-foto: fifa.com).
AS Juara Piala Dunia Putri 2015
Para pemain putri AS memeluk Tobin Heath (nomor 17) yang mencetak gol kelima ke gawang Jepang pada pada pertandingan final yang berlangsung di Stadion BC Place, Vancouver, Kanada, Senin (6/7) pagi WIB.
AS Juara Piala Dunia Putri 2015
Alex Morgan (kaus putih, AS) mengamankan bola dari kejaran dua pemain Jepang (kaus biru).
AS Juara Piala Dunia Putri 2015
Pemain AS, Lauren Holiday (kaus putih) bergembira mencetak salah satu gol ke gawang Jepang.
AS Juara Piala Dunia Putri 2015
Gaya Carli Lloyd (kaus putih, nomor 10) saat menjaringkan bola ke gawang lawan, walau dikawal para pemain Jepang (kaus biru).

VANCOUVER, SATUHARAPAN.COM – Kesebelasan putri Amerika Serikat (AS) keluar sebagai juara Piala Dunia Putri 2015 setelah menundukkan Jepang dengan kedudukan akhir 5-2 pada pertandingan final yang berlangsung di Stadion BC Place, Vancouver, Kanada, Senin (6/7) pagi WIB.

Sejak pertama piala dunia putri digelar pada 1991, AS menjadi negara yang paling banyak menjuarai dengan tiga gelar yang mereka raih pada 1991, 1999, dan 2015.

Disusul Jerman dengan dua kali  pada 2003 dan 2007. Norwegia dan Jepang tercatat sekali memenangkan turnamen ini. Norwegia keluar sebagai juara pada 1995, Jepang memenangkan turnamen ini pada 2011.

Menurut eurosport.com, AS unggul cepat dua gol di awal pertandingan, salah satu gelandangnya, Carli Lloyd membukukan tiga gol dalam waktu berdekatan.

Gol pertama Lloyd terjadi di menit ketiga, gol tercipta karena dia cerdik memanfaatkan bola dari eksekusi tendangan penjuru rekannya, Megan Rapinoe. Bola sempat dia kuasai sebentar dan dengan tenang Lloyd mengarahkan bola melewati penjaga gawang Jepang, Ayumi Kaihori.

Gol kedua dia cetak lewat kerja sama dengan penyerang AS lainnya – Alex Morgan – di menit kelima. Setelah mendapat bola dari Morgan, Lloyd menggiring bola masuk hingga mulut gawang Jepang dan bola tendangan Lloyd lagi-lagi tidak mampu diamankan Kaihori. Gol ketiga AS terjadi menit ke-14 dicetak oleh Lauren Holiday. Saat Jepang masih mengatur ritme permainan, dua menit kemudian dari serbuan cepat para pesepak bola putri Negeri Paman Sam, AS berhasil mencetak gol keempat yang diciptakan Lloyd.

Jepang kemudian bermain lebih tenang, walau sudah tertinggal empat gol di pertengahan babak pertama. Pasukan Negeri Matahari Terbit mendapat gol balasan lewat Yuki Ogimi.

Babak kedua pertandingan berlangsung terbuka, karena dalam waktu berdekatan AS dan Jepang saling membalas.

Jepang sempat memperkecil kekalahan menit ke-52 lewat gol bunuh diri bek AS, Julie Johnston. Dia melakukan gol bunuh diri karena salah mengantisipasi bola tendangan gelandang Jepang, Homare Sawa.

Ajaibnya, dua menit kemudian AS kembali unggul lewat Tobin Heath. Gol kelima AS tidak dapat dipisahkan peran dari Carli Lloyd yang berinisiatif menggiring bola dan memancing perhatian para pemain bertahan Jepang, kemudian Lloyd mengoper bola ke Heath yang menjaringkan bola. Hingga laga berakhir skor tetap 5-2 untuk memastikan AS keluar sebagai pemenang Piala Dunia Putri 2015.

Susunan Pemain:

AS:  Hope Solo,  Ali Krieger,  Julie Johnston,  Becky Sauerbrunn,  Meghan Klingenberg,  Lauren Holiday,  Morgan Brian,  Tobin Heath,  Megan Rapinoe,  Alex Morgan,  Carli Lloyd.

Jepang:   Ayumi Kaihori,  Saori Ariyoshi,  Azusa Iwashimizu,  Saki Kumagai,  Aya Sameshima,  Mizuho Sakaguchi,  Rumi Utsugi,  Nahomi Kawasumi,  Aya Miyama,  Shinobu Ohno,  Yuki Ogimi.

 

Perjalanan AS ke Final Piala Dunia Putri 2015, menurut soccerway.com, Minggu (5/7):

Penyisihan Grup:

Selasa (9/6): AS 3-1 Australia.

Sabtu (13/6): AS 0-0 Swedia.

Rabu (17/6): Nigeria 0-1 AS.

Perdelapan Final: Selasa (23/6): AS 2-0 Kolombia.

Perempat Final: Sabtu (27/6): Tiongkok 0-1 AS.

Semi Final: Rabu (1/7): AS 2-0 Jerman.

 

Daftar Juara Piala Dunia Putri, menurut wikipedia.org

1991 – Juara: Amerika Serikat (AS), Runner Up: Norwegia.

1995 – Juara: Norwegia, Runner Up: Jerman.

1999 – Juara: AS, Runner Up: Tiongkok.

2003 – Juara: Jerman, Runner Up: Swedia.

2007 – Juara: Jerman, Runner Up:Brasil.

2011 – Juara: Jepang, Runner Up: AS.

(eurosport.com/fifa.com/wikipedia.org).

 

Ikuti berita kami di Facebook

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home