Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 07:52 WIB | Senin, 13 Januari 2014

AS: Kesepakatan Nuklir Iran Berlaku Mulai 20 Januari

Presiden AS, Barack Obama, berbicara dengan Presiden Iran, Hassan Rouhani, melalui telepon pada September 2013, menandai awal pembicaraan program nuklir Iran. (Foto: whitehouse.gov)

WASHINGTON, SATUHARAPAN.COM – Pemerintah Amerika Serikat menegaskan bahwa perjanjian nuklir dengan Iran akan berlaku mulai 20 Januari  mendatang. Demikian disampaikan dalam sebuah pernuyataan hari Minggu (12/1).

Tentang hal itu, Presiden AS, Barack Obama, mengatakan  bahwa dia tidak berada di bawah ilusi tentang betapa sulitnya  mencapai resolusi yang komprehensif mengenai nuklir Iran.

"Mulai 20 Januari, Iran akan untuk pertama kalinya mulai menghilangkan persediaan material pada tingkat yang lebih tinggi dari uranium yang diperkaya, dimulai pembongkaran beberapa infrastruktur  pengayaan uranium dilakukan," kata sebuah pernyataan dari Gedung Putih.

Teheran sebelumnya pada hari Minggu (12/1) memberikan tanggal  yang sama untuk dimulainya kesepakatan penting antara republik Islam itu dengan negara-negara kekuatan dunia.

Berdasarkan kesepakatan yang dicapai pada bulan November, Iran setuju untuk mengerem  program nuklirnya selama enam bulan dalam pertukaran untuk menerima bantuan sederhana dari sanksi internasional, dan janji  dari Barat untuk tidak menerapkan tindakan baru dengan sanksi ekonomi..

Negara-negara Barat dan Israel telah lama menuduh Iran mengejar kemampuan membuat senjata nuklir dengan dalih program sipil. Namujn  tuduhan itu dibantah oleh Teheran.

Obama menambahkan dalam pernyataan, "Dengan kesepakatan ini, kami telah membuat kemajuan nyata.  Saya menyambut langkah penting ke depan  dan kami sekarang akan fokus pada pekerjaan kritis mengejar resolusi komprehensif yang membahas keprihatinan kami atas program nuklir Iran.”.

"Saya tidak punya ilusi tentang betapa sulitnya akan untuk mencapai tujuan ini,” kata Obama dalam pernyataan itu. “Tetapi untuk kepentingan keamanan nasional kita dan perdamaian dan keamanan dunia, sekarang adalah waktu untuk memberikan kesempatan bagi diplomasi untuk berhasil ." (AFP)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home