Loading...
EKONOMI
Penulis: Sabar Subekti 06:33 WIB | Sabtu, 13 Juni 2020

AS Mungkin Akan Batasi Aliran Modal Ke Hong Kong

Demonstran berbaris pada aksi ulang tahun pertama protes massa terhadap RUU ekstradisi yang sekarang ditarik, di distrik Central Hong Kong, pada 9 Juni 2020. (Foto: Reuters)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM-Menteri Keuangan Amerika Serikat, Steven Mnuchin, mengatakan pada hari Kamis (11/6) bahwa ia sedang mengerjakan berbagai tanggapan pasar modal terhadap Undang-undang Keamanan Hong Kong oleh China. Hal itu termasuk beberapa langkah yang dapat membatasi aliran modal melalui wilayah tersebut.

Berbicara kepada wartawan melalui panggilan video, Mnuchin mengatakan fokus utamanya dalam tanggapan AS terhadap penindasan Hong Kong oleh China adalah melalui Kelompok Kerja Presiden di Pasar Modal, kelompok antar badan regulator keuangan AS.

Presiden AS, Donald Trump, memerintahkan kelompok yang dipimpin Departemen Keuangan pekan lalu untuk merekomendasikan tindakan dalam 60 hari untuk melindungi investor AS dari kegagalan perusahaan China dalam mematuhi standar akuntansi dan aturan pengungkapan AS.

Ditanya apakah Departemen Keuangan sedang mempertimbangkan langkah-langkah yang dapat membatasi aliran modal AS melalui pasar Hong Kong, dia berkata: "Kami, saya tidak ingin berprasangka tentang apa yang akan terjadi dengan laporan itu, tetapi kami akan kembali dengan berbagai rekomendasi."

Melindungi Pasar Modal

Dia mengatakan Kelompok Kerja Presiden akan memeriksa masalah-masalah akuntansi yang berkaitan dengan perusahaan-perusahaan China dan akan menghasilkan laporan menyeluruh "yang mencapai keseimbangan yang tepat antara melindungi pasar modal kita dan menghadapi situasi ini juga."

Rencana China untuk memberlakukan undang-undang keamanan nasional, yang mengikis otonomi Hong Kong, mendorong Trump untuk mulai menarik perlakuan khusus Hong Kong di bawah hukum AS. Masalahnya, bersama dengan pandemi virus corona, ada beberapa hal yang telah meningkatkan ketegangan antara dua ekonomi terbesar di dunia sejak mereka menandatangani kesepakatan perdagangan besar-besaran pada Januari.

Mnuchin mengatakan dia mengharapkan China untuk memenuhi kewajibannya berdasarkan kesepakatan Tahap 1, yang menyerukan peningkatan sebesar US$ 200 miliar pembelian barang-barang AS oleh China selama dua tahun dan meningkatkan perlindungan untuk kekayaan intelektual AS. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
LAI Got talent
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home