Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 04:55 WIB | Minggu, 18 September 2022

AS: Putin Tidak Akan Mencapai Tujuan di Ukraina

Sebuah tank Ukraina melewati bekas pos pemeriksaan Rusia di daerah yang baru saja direbut kembali di Izium, Ukraina, Jumat, 16 September 2022. (Foto: :AP/Evgeniy Maloletka)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM-Kemunduran Rusia dan sumber daya yang meluas di Ukraina menunjukkan pasukannya tidak mampu mencapai tujuan awal Presiden Vladimir Putin dalam menyerang negara itu seperti yang terjadi sekarang, kata kepala intelijen Pentagon, hari Jumat (16/9).

“Kami sampai pada titik sekarang di mana saya pikir Putin harus merevisi apa tujuannya untuk operasi ini,” kata Letnan Jenderal Scott Berrier, direktur Badan Intelijen Pertahanan, pada konferensi intelijen dan keamanan nasional di luar Washington.

"Karena" cukup jelas sekarang bahwa dia ... tidak akan bisa melakukan apa yang awalnya dia ingin lakukan."

Putin mengirim pasukan ke negara tetangga Ukraina pada Februari dengan apa yang dikatakan pejabat AS sebagai tujuan untuk menggulingkan pemerintah Ukraina yang bersahabat dengan Barat. Pasukan Ukraina mengusir pejuang Rusia dari posisi mereka di sekitar ibu kota Ukraina pada awal perang. Dan Rusia mengalami kemunduran besar lainnya pekan lalu, ketika serangan balasan Ukraina memaksa pasukannya mundur dari wilayah besar timur laut Ukraina.

“Rusia merencanakan pendudukan, belum tentu invasi, dan itu telah membuat mereka mundur,” kata Berrier, mengutip keengganan Putin sejauh ini untuk sepenuhnya memobilisasi pasukan Rusia untuk mendapatkan lebih banyak tenaga pasukan ke dalam pertempuran.

Presiden Joe Biden dan pejabat pemerintah lainnya telah berhati-hati untuk tidak menyebut mundurnya Rusia sebagai kemenangan atau titik balik Ukraina dalam perang, dan para analis memperingatkan bahwa tidak mungkin untuk menilai apa yang mungkin ada di depan.

“Dia akan mengambil keputusan”, kata Berrier tentang Putin. “Keputusan apa yang akan diambil kami tidak tahu. Tapi itu sebagian besar akan mendorong berapa lama konflik ini berlangsung.”

Berrier berbicara di sebuah panel dengan pejabat senior lainnya di Intelijen dan KTT Keamanan Nasional komunitas intelijen di National Harbor di Maryland di luar Washington.

Ditanya tentang kekhawatiran bahwa Putin dapat melepaskan senjata pemusnah massal (WMD) jika dia digagalkan di medan perang oleh pasukan Ukraina yang didukung AS dan NATO, Wakil Direktur CIA, David Cohen, mengatakan, “Saya tidak berpikir kita harus meremehkan kepatuhan Putin pada agenda aslinya, yang adalah untuk mengontrol Ukraina. Saya tidak berpikir kita telah melihat alasan untuk percaya bahwa dia telah pindah dari itu.”

AS juga tidak boleh meremehkan "nafsu risiko" Putin, kata Cohen. Putin dan para pejabatnya di awal perang menyinggung persenjataan nuklir Rusia dan pembalasan besar-besaran dalam memperingatkan NATO untuk tidak terlibat dalam konflik.

“Karena itu, kami belum melihat bukti nyata dari perencanaan penggunaan WMD,” kata Cohen. Bentuk yang lebih mungkin dari setiap pembalasan Rusia terhadap Amerika Serikat adalah lebih banyak upaya untuk mengganggu sistem politik AS, kata pejabat keamanan dan intelijen lainnya.

Secara terpisah, dalam pertemuan puncak regional utama di Uzbekistan pada hari Jumat, Putin berjanji untuk menekan serangan terhadap Ukraina dan memperingatkan bahwa Moskow dapat meningkatkan serangannya terhadap infrastruktur negara jika pasukan Ukraina menargetkan fasilitas di Rusia.

Konferensi tersebut dihadiri oleh para pemimpin China, India, Turki dan beberapa negara lainnya. Putin mengatakan “pembebasan” seluruh wilayah Donbas timur Ukraina adalah tujuan militer utama Rusia dan dia melihat tidak perlu merevisinya. “Kami tidak terburu-buru,” kata pemimpin Rusia itu. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home