Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 04:56 WIB | Minggu, 18 September 2022

PBB Izinkan Presiden Ukraina Sampaikan Pidato Secara Virtual

Sebuah lukisan dinding karya seniman Brasil, Eduardo Kobra, yang memusatkan perhatian pada perubahan iklim dan pengelolaan planet ini dipajang di luar markas besar PBB menjelang Sidang Umum, Jumat, 16 September 2022. (Foto: AP/Mary Altaffer)

PERSERIKATAN BANGSA-BANGSA (PBB), SATUHARAPAN.COM-Majelis Umum PBB pada hari Jumat (16/9) memberikan suara untuk mengizinkan presiden Ukraina menyampaikan pidato yang telah direkam sebelumnya pada pertemuan para pemimpin dunia pekan depan karena kebutuhannya untuk menangani invasi Rusia, membuat pengecualian untuk persyaratannya bahwa semua pemimpin berbicara secara pribadi.

Badan dunia yang beranggotakan 193 negara itu menyetujui pidato virtual Volodymyr Zelenskky dengan suara 101-7 dengan 19 abstain termasuk China. Tujuh negara yang memilih "tidak" adalah Belarusia, Kuba, Eritrea, Nikaragua, Korea Utara, Rusia, dan Suriah.

Majelis untuk pertama kali mengadakan pemungutan suara pada amandemen yang diajukan oleh Belarusia, sekutu dekat Rusia, yang akan memungkinkan setiap pemimpin menghadapi kesulitan luar biasa dan tidak dapat hadir untuk menyampaikan pidato yang telah direkam sebelumnya. Itu dikalahkan dengan suara 23-67 dengan 27 abstain.

Dokumen yang telah disetujui mengungkapkan keprihatinan bahwa para pemimpin negara-negara berdaulat PBB yang “cinta damai” tidak dapat berpartisipasi secara langsung “karena alasan-alasan di luar kendali mereka karena invasi asing yang sedang berlangsung, agresi, permusuhan militer yang tidak memungkinkan keberangkatan yang aman dari dan kembali ke negara mereka, atau kebutuhan untuk melaksanakan tugas dan fungsi pertahanan dan keamanan nasional mereka.”

Dokumen tersebut, yang diusulkan oleh Ukraina dan memiliki lebih dari 50 sponsor bersama, mengizinkan Zelenskyy untuk menyerahkan pernyataan yang telah direkam sebelumnya untuk ditayangkan di aula Majelis Umum. Ini menekankan bahwa ini tidak akan menjadi preseden untuk pertemuan majelis tingkat tinggi di masa depan.

Duta Besar Ukraina, Sergiy Kyslytsya, menyatakan kepuasan bahwa majelis akan memiliki kesempatan untuk mendengar langsung dari Zelenskyy “tentang bagaimana dia melihat akhir perang ini dan bagaimana dia mengevaluasi dampak perang ini pada urusan global dan pada Perserikatan Bangsa-bangsa pada khususnya.”

Dia mengungkapkan rasa terima kasihnya dalam sebuah wawancara dengan The Associated Press bahwa 101 negara anggota PBB memberikan dukungan kuat untuk mendengar dari Zelenskyy, mengatakan itu “menyedihkan” bahwa Rusia hanya mengumpulkan enam negara lain untuk menentang pidatonya.

Kyslytsya mengatakan Zelenskyy dijadwalkan berpidato di depan majelis pada hari Rabu (21/9) sore waktu setempat dan tidak ada alasan untuk itu akan diubah.

Dokumen tersebut mengacu pada resolusi Majelis Umum yang diadopsi pada sesi khusus darurat pada 2 Maret, enam hari setelah invasi Rusia 24 Februari ke Ukraina, menuntut penghentian segera serangan Moskow dan penarikan semua pasukan Rusia. Pemungutan suara pada resolusi, berjudul "Agresi terhadap Ukraina," menunjukkan dukungan 141-5 dengan 35 abstain.

Penasihat Inggris, Philip Reed, mengatakan kepada majelis sebelum pemungutan suara bahwa alasan itu perlu "karena Rusia telah menginvasi tetangganya dan untuk alasan itu presiden Ukraina tidak dapat melakukan perjalanan ke New York untuk Debat Umum," nama resmi pertemuan tingkat tinggi itu.

Perwakilan Nikaragua, yang misinya menolak untuk mengidentifikasi, mengatakan keputusan yang diusulkan "mencerminkan tren yang jelas menuju pengecualian" dan melanggar prinsip Piagam PBB "kesetaraan kedaulatan semua anggota." Dia mendesak anggota untuk menentang proposal tersebut dan menghindari “standar ganda” dan “kepentingan egois.”

Akibat pandemi COVID-19, pertemuan tahunan para pemimpin dunia di Majelis Umum serba virtual pada 2020 dan hybrid pada 2021. Namun tahun ini majelis memutuskan semua pidato harus tatap muka. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home