Loading...
DUNIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 10:43 WIB | Senin, 15 Desember 2014

AS Sambut Kemenangan Abe dalam Pemilu Dini Jepang

Shinzo Abe. (Foto: reuter.com)

WASHINGTON, SATUHARAPAN.COM - Amerika Serikat menyambut baik kemenangan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe dalam pemilu dini pada Minggu (14/12), dengan memuji “kepemimpinannya yang kuat” dalam krisis internasional.

“Aliansi Amerika Serikat-Jepang adalah batu pijakan untuk perdamaian dan kesejahteraan di Asia-Pasifik,” kata juru bicara Gedung Putih Josh Earnest dalam sebuah pernyataan.

“Kami menghargai kepemimpinan kuat Perdana Menteri Abe terhadap berbagai isu regional dan global, mulai dari bantuan topan di Filipina, respons terhadap Ebola hingga perlawanan internasional terhadap ISIS.”

Walaupun hanya setengah dari jumlah pemilih yang menggunakan hak suara mereka, Abe mendapat banyak dukungan karena program gabungan nasionalisme dan “Abenomics” – sebuah rencana untuk memperbaiki perekonomian lesu Jepang yang mengalami kesuksesan awal namun kemudian mengalami resesi.

Hasil jajak pendapat media menunjukkan Partai Demokratik Liberal (LDP) dan rekan juniornya Komeito menguasai suara, dengan mayoritas dua pertiga suara di majelis rendah parlemen, membuat mereka bisa menguasai majelis tinggi.

Earnest mengatakan “Amerika Serikat menantikan untuk memperdalam kerja sama dengan pemerintah dan rakyat Jepang untuk mempromosikan keamanan serta kesejahteraan global dan regional, serta kerja sama bilateral dalam revisi panduan pertahanan, TPP (Kemitraan Trans-Pasifik) dan keamanan laut.”

Dia merujuk pada 12 negara anggota Kemitraan Trans-Pasifik, sebuah perjanjian dagang yang dirundingkan AS namun tidak termasuk Tiongkok. (AFP)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home