Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 11:30 WIB | Jumat, 10 Mei 2024

AS Sangat Dekat pada Kesepakatan dengan Arab Saudi sebagai Bagian Normalisasi dengan Israel

Riyadh mengatakan kesepakatan apa pun harus mencakup jalur yang tidak dapat diubah dan tidak dapat dibatalkan menuju negara Palestina.
Bendera AS dan Saudi. (Foto: Stock via Al Arabiya)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM-Amerika Serikat mengatakan pada hari Kamis (2/5) bahwa mereka “sangat dekat” untuk mencapai kesepakatan mengenai bagian bilateral dari paket kesepakatan potensial dengan Arab Saudi, yang perlu mencakup normalisasi dengan Israel.

“Menteri telah bertemu dengan Putra Mahkota Arab Saudi pekan ini ketika dia berada di Riyadh… dan kami hampir mencapai kesepakatan mengenai bagian bilateral dari perjanjian normalisasi,” kata Juru Bicara Departemen Luar Negeri AS, Matt Miller, setelah pertemuan diplomat tinggi AS tersebut dalam perjalanan akhir pekan ke Arab Saudi.

Namun, seperti disinggung Miller, Arab Saudi bersikukuh bahwa setiap perjanjian potensial harus mencakup jalur yang tidak dapat diubah dan tidak dapat dibatalkan menuju negara Palestina.

Sebagai bagian dari kesepakatan yang lebih besar ini, terdapat perjanjian bilateral antara AS dan Arab Saudi, yang sedang diupayakan untuk mencakup pakta pertahanan, kerja sama di bidang kecerdasan buatan, serta program nuklir sipil Riyadh.

“Ada beberapa rincian yang harus terus kami kerjakan, namun kami pikir kami dapat mencapai kesepakatan mengenai rincian tersebut dalam waktu yang sangat singkat,” kata Miller kepada wartawan saat briefing. Dia menambahkan bahwa masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan pada bagian terpisah: proposal jalan menuju negara Palestina dan jaminan keamanan bagi Israel.

Israel, yang dipimpin oleh Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, telah berulang kali menolak pembentukan negara Palestina.

Miller mengatakan kesepakatan yang lebih luas hanya akan tercapai jika semua perjanjian sejalan. Dia juga merujuk pada sikap Arab Saudi terhadap negara Palestina dan bahwa tidak akan ada kesepakatan selama perang Gaza masih berkecamuk.

“Arab Saudi telah memperjelas bahwa sebagai bagian dari kesepakatan normalisasi dengan Israel, mereka memiliki dua persyaratan: 1) Ketenangan di Gaza dan 2) jalan menuju negara Palestina yang merdeka,” kata Miller.

Juru bicara Departemen Luar Negeri menyatakan bahwa kesepakatan normalisasi akan menjadi hal yang benar untuk dilakukan bagi rakyat Palestina dan juga untuk tujuan jangka panjang Israel dalam menjalin hubungan normal dengan negara-negara tetangganya.

“Hal ini akan mengisolasi Iran, dan, secara signifikan, hal ini akan mengatasi beberapa tantangan nyata yang akan dihadapi Israel di Gaza ketika Anda melihat akhir dari konflik ini dengan memikirkan bagaimana membangun kembali Gaza, dengan memikirkan bagaimana memberikan keamanan kepada Gaza," dia berkata.

“Jadi, pada akhirnya, pemerintah Israel harus membuat pilihan mengenai apa yang terbaik bagi rakyatnya. Tetapi bagi Amerika Serikat, kami akan berupaya menyelesaikan proposal yang sedang kami kerjakan dengan mitra-mitra Arab kami, dan kami akan mengedepankan sudut pandang tersebut, dan Israel dapat mengambil keputusan.” (Al Arabiya)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home