Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 09:22 WIB | Minggu, 23 April 2023

AS Segera Latih Pasukan Ukraina Operasikan Tank M1 Abrams

Tank M1 Abrams dan kendaraan lapis baja lainnya di halaman rel di Washington, 2 Juli 2019. (Foto: Reuters)

PANGKALAN UDARA RAMSTEIN, SATUHARAPAN.COM-Amerika Serikat akan mulai melatih pasukan Ukraina tentang cara menggunakan dan memelihara tank Abrams dalam beberapa pekan mendatang, sambil terus mempercepat upayanya untuk membawa mereka ke medan perang secepat mungkin, kata  Menteri Pertahanan AS, Lloyd Austin, hari Jumat (21/4).

Keputusan tersebut diambil saat para pemimpin pertahanan dari seluruh Eropa dan dunia bertemu di Pangkalan Udara Ramstein, Jerman, dalam upaya mengoordinasikan pengiriman senjata dan peralatan lainnya ke Ukraina.

Menurut para pejabat, 31 tank akan tiba di Area Pelatihan Grafenwoehr di Jerman pada akhir Mei, dan pasukan akan mulai berlatih beberapa pekan kemudian. Para pejabat mengatakan pelatihan pasukan akan berlangsung sekitar 10 pekan. Tank pelatihan tidak akan diberikan ke Ukraina untuk digunakan dalam perang melawan Rusia. Sebagai gantinya, 31 tank tempur M1A1 sedang diperbaharui di Amerika Serikat, dan mereka akan dikirim ke garis depan ketika sudah siap.

Jerman, sementara itu, telah menandatangani nota kesepahaman dengan Polandia dan Ukraina untuk mendirikan pusat pemeliharaan armada tank Leopard 2 Kiev di Polandia, dekat perbatasan Ukraina.

Menteri pertahanan Jerman, Boris Pistorius, mengatakan kepada wartawan bahwa dia memperkirakan hub tersebut akan menelan biaya 150-200 juta euro per tahun, yang “akan kami bagi secara adil, seperti yang lainnya.” Dia mengatakan dia mengharapkan itu akan mulai bekerja sekitar akhir bulan depan.

Pengumuman itu dikeluarkan ketika para menteri dan perwakilan dari sekitar 50 negara berkumpul untuk pertemuan yang dipimpin AS dari apa yang disebut Kelompok Kontak Pertahanan Ukraina.

Austin, berbicara kepada wartawan di akhir pertemuan, mengatakan pengiriman tank pelatihan dalam beberapa pekan ke depan merupakan “kemajuan besar.” Dia menambahkan, “Saya yakin peralatan ini, dan pelatihan yang menyertainya, akan menempatkan pasukan Ukraina pada posisi untuk terus berhasil di medan perang.”

Tujuan AS adalah agar pasukan Ukraina dilatih pada saat tank Abrams yang diperbarui siap sehingga mereka dapat segera bergerak untuk berperang. Tank sedang dipasang kembali untuk memenuhi kebutuhan Ukraina.

Jenderal Mark Milley, ketua Kepala Staf Gabungan AS, menambahkan bahwa dia yakin tank Amerika akan sangat efektif di medan perang. “Saya pikir tank M1 akan membuat perbedaan,” katanya, sambil memperingatkan “tidak ada peluru perak dalam perang.”

Menurut para pejabat, sekitar 250 tentara Ukraina akan dilatih, beberapa di antara mereka belajar mengoperasikan tank dan yang lainnya belajar memperbaiki dan merawatnya. Pelatihan tambahan tentang cara bertempur dan bermanuver dengan tank juga dapat diberikan setelah 10 pekan pertama.

Sejauh ini, AS telah melatih 8.800 tentara Ukraina yang telah kembali ke medan perang, dan tambahan sekitar 2.500 sedang dalam pelatihan sekarang. Pelatihan mereka mencakup semuanya, mulai dari instruksi senjata dasar hingga cara melakukan operasi tempur dan memelihara serta memperbaiki peralatan.

Dalam komentar lain, Austin menepis pertanyaan tentang penyediaan jet tempur ke Ukraina, dengan mengatakan bahwa AS memberikan kemampuan pertahanan udara berbasis darat kepada Ukraina, yang menurutnya paling dibutuhkan.

Pemerintahan Presiden Joe Biden mengumumkan pada bulan Januari bahwa mereka akan mengirim tank Abrams ke Ukraina, setelah berbulan-bulan bersikeras bahwa mereka terlalu rumit dan terlalu sulit untuk dirawat dan diperbaiki.

Keputusan tersebut merupakan bagian dari manuver politik yang lebih luas yang membuka pintu bagi Jerman untuk mengumumkan akan mengirim tank Leopard 2 ke Ukraina dan memungkinkan Polandia dan sekutu lainnya untuk melakukan hal yang sama.

Di bawah tekanan kuat dari Ukraina dan lainnya untuk memasukkan tank ke Ukraina lebih cepat, pemerintahan Biden mengatakan bulan lalu bahwa mereka akan mempercepat pengiriman tank Abrams ke Ukraina, memilih untuk mengirim model lama yang diperbarui yang dapat siap lebih cepat. Tujuannya adalah untuk membawa pembangkit tenaga tempur seberat 70 ton ke zona perang pada musim gugur.

AS juga menjelaskan pada saat itu bahwa mereka akan mulai melatih pasukan Ukraina tentang cara menggunakan, memelihara, dan memperbaiki tank dan bahwa instruksi tersebut akan bertepatan dengan perbaikan tank, sehingga keduanya siap bertempur pada saat yang bersamaan akhir tahun ini.

Pada saat yang sama, Pentagon harus memastikan bahwa pasukan Ukraina memiliki rantai pasokan yang memadai untuk semua suku cadang yang dibutuhkan agar tank tetap beroperasi.

Pasukan Rusia dan Ukraina sebagian besar menemui jalan buntu, memperebutkan sebidang kecil tanah selama musim dingin. Pertempuran paling sengit terjadi di wilayah Donetsk timur, di mana Rusia sedang berjuang untuk mengepung kota Bakhmut dalam menghadapi pertahanan Ukraina yang kokoh. Namun kedua belah pihak diperkirakan akan melancarkan serangan yang lebih intensif di musim semi.

Kementerian Pertahanan Inggris mengatakan pada hari Jumat dalam penilaian perang hariannya bahwa kondisi tanah lunak dan lumpur di sebagian besar Ukraina mungkin akan memperlambat operasi untuk kedua belah pihak.

Dalam perkembangan lain, Mykola Oleschuk, komandan Angkatan Udara Ukraina, mengatakan pada hari Jumat bahwa dia telah mengunjungi sistem rudal Patriot buatan AS yang dikerahkan di medan perang setelah pengirimannya baru-baru ini. Pejabat Ukraina mengatakan hari Rabu bahwa Patriot telah tiba.

Rusia menyerang Ukraina semalam dengan drone Shahed buatan Iran yang meledak sendiri, kata militer Ukraina, Jumat. Rusia meluncurkan sekitar 10 drone ke sasaran Ukraina, dan delapan di antaranya ditembak jatuh oleh pertahanan udara Ukraina, kata Staf Umum Ukraina.

Setidaknya enam warga sipil tewas dan enam lainnya terluka di Ukraina selama 24 jam terakhir, kantor kepresidenan Ukraina melaporkan pada Jumat pagi.

Menurut pejabat Ukraina, penembakan dan serangan rudal Rusia sebagian besar menargetkan kota dan desa di wilayah Donetsk, Zaporizhzhia, dan Kherson yang sebagian diduduki. Di luar wilayah ini, pasukan Rusia juga menyerang Provinsi Chernihiv pada hari Kamis menggunakan mortir. Semalam, Rusia meluncurkan drone untuk menyerang Kiev, serta wilayah Poltava dan Vinnytsia. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home