Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 18:08 WIB | Rabu, 15 Februari 2023

Norwegia Akan Kirim Delapan Tank Leopard 2 ke Ukraina

Tank tempur Leopard 2/A4 meluncur saat upacara penyerahan tank di pangkalan militer Tata, Hongaria, pada 24 Juli 2020. (Foto: dok. AFP)

OSLO, SATUHARAPAN.COM - Pemerintah Norwegia pada Selasa (14/2) mengatakan akan menyumbangkan delapan tank Leopard 2 ke Ukraina, memenuhi komitmen sebelumnya dan bergabung dengan banyak negara Barat untuk menjanjikan senjata yang lebih berat ke Ukraina.

Tentara Norwegia saat ini memiliki 36 tank Leopard 2 yang beroperasi.

“Norwegia akan menyumbangkan delapan tank dan hingga empat kendaraan pendukung ke Ukraina. Selain itu, kami mengalokasikan dana untuk amunisi dan suku cadang,” kata Menteri Pertahanan, Bjorn Arild Gram, mengatakan kepada media Norwegia bahwa hal itu akan segera terjadi.

Gram mengatakan 250 juta kroner Norwegia (setara US$ 24,8 juta) akan digunakan untuk amunisi dan suku cadang tank Leopard 2 melalui dana Uni Eropa Ukraina, Fasilitas Perdamaian Eropa.

“Situasi di Ukraina mendekati fase kritis dan mereka membutuhkan dukungan Barat yang cepat dan komprehensif,” kata menteri tersebut.

Gram mengatakan Norwegia juga akan berkontribusi pada pendidikan dan pelatihan awak tank Ukraina di Polandia, bersama dengan negara-negara sekutu lainnya.

Jerman baru-baru ini memberi lampu hijau untuk pengiriman tank modern buatan Jerman ke Ukraina setelah kampanye tak kenal lelah oleh Kiev dan negara lain. Ia setuju untuk mengirim 14 unit Leopard 2 dari stok militernya sendiri dan menyetujui ekspor ulang tank tempur ke Ukraina oleh sekutu.

Polandia juga telah menjanjikan 14 tank dan Kanada akan mengirim empat, dengan Finlandia, Spanyol dan Portugal mengindikasikan mereka akan ambil bagian tetapi tanpa angka spesifik.

Hari Rabu lalu, Menteri Pertahanan Jerman, Boris Pistorius, mengatakan Berlin dan sekutunya bertujuan untuk mengirimkan satu batalion tank pertama pada bulan April, dan yang lainnya akan menyusul akhir tahun ini dan berikutnya.

Denmark, Jerman dan Belanda juga telah berjanji bahwa Ukraina akan mendapatkan setidaknya 100 tank Leopard 1 yang lebih tua dalam beberapa bulan mendatang. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home