Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 23:17 WIB | Sabtu, 27 Mei 2023

AS Segera Latihan Pilot Ukraina untuk Pesawat Tempur F-16

Pesawat tempur F-16 Angkatan Udara AS mengisi bahan bakar di tengah penerbangan dari Stratotanker KC-135 selama latihan Bendera Merah di atas Rentang Tes dan Pelatihan Nevada pada 10 Februari 2014. (Foto: Jurnal Tinjauan John Locher/Las Vegas via AP)

WASHINGTON DC, satuharapan.com-Menteri Pertahanan Amerika Seriokat, Lloyd Austin, mengatakan pada hari Kamis (25/5) bahwa dia berharap bahwa pelatihan untuk pilot Ukraina dengan jet tempur F-16 buatan Amerika akan dimulai dalam beberapa pekan mendatang. Ini untuk memperkuat Ukraina dalam jangka panjang tetapi tidak harus sebagai bagian dari serangan balasan musim semi yang diantisipasi untuk melawan Rusia.

Austin berbicara ketika para pemimpin pertahanan dari seluruh dunia berkumpul untuk pertemuan virtual untuk membahas dukungan militer yang sedang berlangsung untuk Ukraina. Mereka diharapkan berbicara tentang negara mana yang akan menyediakan F-16, dan bagaimana serta di mana pelatihan pilot akan dilakukan.

Para pejabat juga akan mendapatkan pembaruan tentang upaya perang dari para pemimpin Ukraina, termasuk persiapan untuk serangan balasan yang diantisipasi dan bagaimana sekutu, yang telah menghadapi tekanan persediaan mereka sendiri, dapat terus mendukung perjuangan Kiev melawan Rusia.

“Kita harus menggali lebih dalam, dan kita harus terus mencari cara kreatif untuk meningkatkan kemampuan industri kita,” kata Austin sebelum para pemimpin militer memulai sesi tertutup mereka. "Taruhannya tinggi. Tapi alasannya adil dan keinginan kita kuat.”

Negara-negara Eropa mengatakan mereka berbicara tentang negara mana yang mungkin memiliki beberapa F-16 yang tersedia. Amerika Serikat telah lama menolak menyediakan pesawat canggih ke Ukraina, dan baru akhir pekan lalu Presiden Joe Biden setuju untuk mengizinkan negara lain mengirim jet buatan AS sendiri ke Kiev.

“Kami berharap pelatihan ini akan dimulai dalam beberapa minggu mendatang,” kata Austin. “Ini akan semakin memperkuat dan meningkatkan kemampuan Angkatan Udara Ukraina dalam jangka panjang. Dan itu akan melengkapi perjanjian keamanan jangka pendek dan menengah kami. Upaya bersama baru ini mengirimkan pesan yang kuat tentang persatuan kita dan komitmen jangka panjang kita untuk pertahanan diri Ukraina.”

Para pemimpin juga kemungkinan akan membahas kebutuhan militer lanjutan Ukraina lainnya, termasuk sistem dan amunisi pertahanan udara, artileri, dan amunisi lainnya.

Belum jelas apakah mereka akan membuat keputusan tegas tentang masalah F-16, tetapi langkah awal telah dimulai.

Josep Borrell, kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa, pada hari Selasa (23/5) mengatakan bahwa pelatihan untuk pilot Ukraina telah dimulai di Polandia dan beberapa negara lain, meskipun Menteri Pertahanan Polandia, Mariusz Blaszczak, mengatakan pelatihan masih dalam tahap perencanaan. Belanda dan Denmark, antara lain, juga membuat rencana pelatihan.

“Kami dapat melanjutkan dan juga menyelesaikan rencana yang kami buat dengan Denmark dan sekutu lainnya untuk memulai pelatihan ini. Dan tentu saja, itu adalah langkah pertama yang harus Anda ambil,” kata Menteri Pertahanan Belanda, Kajsa Ollongren, seraya menambahkan bahwa diskusi awal tentang siapa yang mungkin memiliki F-16 untuk dikirim sedang berlangsung.

Ukraina telah lama mencari pesawat tempur canggih untuk memberikan keunggulan tempur saat berperang melawan invasi Rusia, sekarang di tahun keduanya. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home