Loading...
MEDIA
Penulis: Bayu Probo 19:38 WIB | Selasa, 29 Juli 2014

AS Serukan Pembebasan Wartawan Amerika di Iran

Jason Rezaian.

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM – Amerika Serikat Senin (28/7) menyerukan kepada Iran untuk membebaskan seorang wartawan Washington Post, istrinya dan dua peliput freelance yang ditangkap di Teheran pekan lalu.

Ketua Mahkamah Agung Teheran Gholamhossein Esmaili, Jumat, menegaskan penangkapan koresponden Washington Post, Jason Rezaian, 38, dan istrinya Yeganeh Salehi.

“Kami menyerukan kepada pemerintah Iran untuk segera membebaskan Rezaian dan tiga orang lainnya. Kami terus memantau situasi dengan cermat,” kata Juru Bicara Departemen Luar Negeri Jen Psaki.

Rezaian telah menjadi koresponden Washington Post di Teheran sejak 2012 dan memegang dwikewarganegaraan Amerika dan Iran, menurut surat kabar itu.

Istrinya berkebangsaan Iran, yang telah mengajukan tinggal permanen di AS, bekerja sebagai koresponden untuk satu koran yang berbasis di Uni Emirat Arab, kata Washington Post.

Washington dan Teheran tidak memiliki hubungan diplomatik, dan Psaki mengatakan AS telah menghubungi kedutaan Swiss, yang bertindak sebagai perantara pada isu-isu seperti ini di Iran, untuk mencoba memastikan bahwa para pejabat konsuler dapat mengunjungi Rezaian.

Esmaili dikutip oleh kantor berita IRNA mengatakan: “Pasukan keamanan di seluruh negeri telah di bawah pengawasan dan pengendalian kegiatan musuh.”

“Mereka tidak akan mengizinkan negara kita menjadi tanah di mana musuh-musuh kita dan agen-agen mereka melakukan kegiatan mereka.”

Iran Takut Media Independen

Penahanan Jason Rezaian dan Yeganeh Salehi datang seiring pemerintah Iran meningkatkan tekanan terhadap wartawan independen dan blogger. Sejumlah orang dikirim ke penjara Evin Teheran dalam beberapa bulan terakhir atas tuduhan keterlibatan dalam propaganda melawan negara.

Mereka ditahan termasuk empat wartawan perempuan - Marzieh Rasouli, Sajedeh Arabsorkhi, Reyhaneh Thabathaba'i dan Saba Azarpeik. Wartawan pengawas hak media Repoters Without Borders mengatakan saat ini ada 64 wartawan dan pengguna media sosial dipenjara di Iran.

Pihak berwenang Iran telah lama menempatkan media di bawah kontrol yang ketat, tapi penangkapan dan intimidasi intensif setelah protes demokrasi pada 2009. Ketika Presiden Rouhani menjabat pada Agustus 2013 sejumlah wartawan dibebaskan dari penjara, dan Departemen Intelijen perwakilan di kabinet barunya tampaknya telah mengambil pendekatan yang lebih santai terhadap media.

Tetapi pada saat yang sama wartawan ada di bawah tekanan baru dari lembaga peradilan dan Garda Revolusi, yang beroperasi di luar yurisdiksi pemerintah.

Seorang wartawan di Teheran untuk outlet berita Barat yang telah menjadi teman Rezaian selama lima tahun mengatakan pasangan itu telah menyatakan keprihatinan atas keamanan atau ketakutan mereka akan ditahan mereka. “Mereka hanya bekerja keras dan hanya berbicara tentang bagaimana mereka menikmati melaporkan dari sini,” kata wartawan BBC. “Ini juga merupakan kejutan, karena suasana pada umumnya muncul untuk menjadi lebih terbuka untuk media asing, setidaknya, dengan lebih wartawan asing mendapatkan visa dan akreditasi.” (AFP/BBC)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home