Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 15:28 WIB | Jumat, 07 April 2017

AS Tembakkan Tomahawk ke Pangakalan Udara Al-Shayrat Suriah

Rudal perusak USS Porter (DDG 78) (Foto; huffingtonpost)

WASHINGTON, SATUHARAPAN.COM - Presiden Donald J. Trump memerintahkan serangan terhadap pangkalan Al-Shayrat, dasar dari mana serangan kimia di provinsi Idlib Suriah diluncurkan. Rudal-rudal itu diluncurkan dari kapal-kapal Angkatan Laut AS di Timur Laut Mediterania. 

Serangan itu merupakan balasan atas diktator Suriah untuk menggunakan bahan kimia dilarang di 4 April.

“Bashar al-Assad melancarkan serangan senjata kimia yang mengerikan terhadap warga sipil yang tidak bersalah,” kata Trump dalam sebuah pernyataan kepada dunia. “Menggunakan agen saraf yang mematikan, Assad tersedak keluar kehidupan pria tak berdaya, wanita dan anak-anak. Itu adalah kematian yang lambat dan brutal untuk begitu banyak. Bahkan bayi yang indah yang kejam dibunuh dalam serangan yang sangat biadab ini. Tidak ada anak Tuhan harus pernah menderita horor tersebut.”

Trump memerintahkan serangan militer yang ditargetkan pada lapangan udara yang meluncurkan serangan. “Ini adalah untuk kepentingan keamanan nasional yang vital dari Amerika Serikat untuk mencegah dan menghalangi penyebaran dan penggunaan senjata kimia mematikan,” kata Presiden.

Tidak ada yang membantah bahwa Suriah menggunakan senjata kimia terlarang pada rakyat Idlib, kata dia, menambahkan bahwa ini adalah pelanggaran terhadap Konvensi Senjata Kimia. Suriah juga mengabaikan resolusi Dewan Keamanan PBB.

“Tahun usaha-usaha sebelumnya untuk mengubah perilaku Assad telah gagal dan gagal sangat dramatis,” kata Trump. “Akibatnya, krisis pengungsi terus memperdalam dan daerah terus mengguncang, mengancam Amerika Serikat dan sekutunya.” 

Trump meminta semua negara beradab untuk bergabung dengan Amerika Serikat dalam mencari akhir pembantaian di Suriah, dan untuk mengakhiri ancaman terorisme di negara suram.

Tak lama setelah Trump pidato, juru bicara Pentagon Kapten Angkatan Laut. Jeff Davis mengeluarkan pernyataan memberikan rincian aksi serangan. Serangan dilakukan dengan menggunakan Tomahawk Land Attack Rudal, atau TLAMs, diluncurkan dari kapal perusak USS Porter dan USS Ross di Laut Mediterania timur, Davis mengatakan dalam pernyataannya. Sebanyak 59 TLAMs ditargetkan, juga menyasar penampungan pesawat, minyak bumi dan penyimpanan logistik, bunker pasokan amunisi, sistem pertahanan udara, dan radar.

“Seperti biasa,” kata Davis, “AS mengambil langkah-langkah luar biasa untuk menghindari korban sipil dan untuk mematuhi Hukum Konflik Bersenjata. Setiap tindakan pencegahan diambil untuk melaksanakan aksi ini dengan risiko minimal untuk personil di lapangan terbang.”

Serangan kejutan itu dikatakan sebagai “respon sebanding dengan tindakan keji Assad,” kata juru bicara Pentagon, mencatat bahwa Shayrat Airfield digunakan untuk menyimpan senjata kimia dan angkatan udara Suriah. Komunitas intelijen AS menilai bahwa pesawat dari Shayrat melakukan serangan kimia pada 4 April, ia menambahkan, dan serangan itu dimaksudkan untuk mencegah rezim menggunakan senjata kimia lagi. (defense.gov)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home