Loading...
DUNIA
Penulis: Eben E. Siadari 08:50 WIB | Senin, 23 Januari 2017

Paus Fransiskus Tidak Mau Menghakimi Trump

Paus Fransiskus (Foto: AFP)

VATIKAN, SATUHARAPAN.COM - Paus Fransiskus mengatakan akan mengambil pendekatan wait and see terhadap Presiden baru AS, Donald J. Trump.

Paus mengatakan ia tidak percaya pada "menghakimi orang di awal" dalam sebuah wawancara yang diterbitkan pada Sabtu malam (21/01) di surat kabar Spanyol El Pais.

"Kita akan lihat apa yang dilakukan oleh Trump," kata dia.

Namun, Paus juga memberi penekanan yang lebih luas tentang  munculnya pemimpin bergaya populis di Amerika Serikat dan Eropa. Ia memperingatkan bahayanya  mencari penyelamat politik di saat krisis. Ia mengingatkan bahwa Adolf Hitler di Jerman di tahun 1930-an "dipilih oleh rakyat dan kemudian dia menghancurkan rakyat."

"Kita mencari penyelamat untuk memberikan kembali identitas kita, dan kita membela diri kita dengan dinding, pagar kawat berduri, dari orang lain," kata Paus. Komentar ini ia maksudkan untuk mengingatkankan komentarnya sebelumnya, terhadap seruan Trump untuk membangun dinding di perbatasan AS-Meksiko. Ia mengingatkan bahwa pemimpin yang hanya berfokus  membangun dinding, dan bukan mempersatukan rakyat, adalah bukan orang Kristen.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home