Loading...
DUNIA
Penulis: Prasasta Widiadi 20:04 WIB | Senin, 02 November 2015

ASEAN Raih Kemajuan dalam Manajemen Bencana dan Darurat

Ilustrasi: Menteri Luar Negeri Singapura, Kasiviswanathan Shanmugam. (Foto: todayonline.com).

SINGAPURA, SATUHARAPAN.COM – Negara-negara yang ada di kawasan Asia Tenggara (ASEAN)  telah mencapai kemajuan singnifiikan dalam program manajemen bencana dan darurat.

“ASEAN saat ini berhasil menggalang dialog yang bertujuan mensukseskan kerja sama dalam penangangan bencana,” kata Menteri Luar Negeri Singapura, Kasiviswanathan Shanmugam  di satu sesi dialog kebijakan di antara para anggota ASEAN di Singapura, Senin (2/11).

Sejak pelaksanaan perjanjian tersebut di 2003 beberapa negara di Asia Tenggara mengupayakan  meningkatkan kerja sama dalam menangani bencana dan tentang kerugian akibat bencana di wilayah ini. Ini termasuk pembentukan Pusat Koordinasi untuk Manajemen Bencana dan Bantuan Kemanusiaan pada 2011. Pusat itu telah memainkan peran utama dalam mengkoordinasikan tindakan dari berbagai bencana.

Menurut  Shanmugam, lansekap bantuan kemanusiaan dalam manajemen bencana selalu berubah dan membutuhkan usaha berkelanjutan oleh semua anggota ASEAN.

Dia menambahkan, interaksi sering akan membantu meningkatkan bantuan kemanusiaan dan tindakan menangani bencana ke tingkat yang baru.

ASEAN Ministerial Meeting on Disaster Management (AMMDM)

Komite ASEAN tentang Penanggulangan Bencana (ACDM) didirikan pada awal 2003 menyusul keputusan Komite Tetap ASEAN (ASC). Mekanisme institusional organisasi ini  sudah ada sejak tahun 70-an tapi hanya diperkuat menuju 2003 dengan ketinggian kelompok ahli dalam komite penuh. ACDM terdiri dari kepala dinas nasional yang bertanggung jawab untuk manajemen bencana negara anggota ASEAN.  ACDM bertanggung jawab secara keseluruhan untuk mengkoordinasikan dan melaksanakan kegiatan regional.  ACDM menggelar pertemuan negara-negara anggotanya untuk pertama kalinya pada bulan Desember 2003.

Program tentang Penanggulangan Bencana ASEAN 

Dalam mengejar wilayah negara yang tahan bencana dan masyarakat yang lebih aman, yang ACDM telah mengembangkan Program ASEAN tentang Penanggulangan Bencana Regional (APDM) untuk menyediakan kerangka kerja untuk periode 2004-2010.  APDM menguraikan strategi regional ASEAN tentang penanggulangan bencana, serta bidang-bidang prioritas dan kegiatan untuk pengurangan bencana. (berita.mediacorp.sg/ asean.org).

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home